Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Dinkes Musnahkan Limbah Medis Vaksin Covid-19

Pemusnahan limbah medis vaksinasi dari nakes dengan cara dibakar. (F_Hasura_Presmedia.id)
Pemusnahan limbah medis vaksinasi dari nakes dengan cara dibakar. (F_Hasura_Presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Bintan – Dinas Kesehatan (Dinkes) Bintan memusnahkan limbah medis vaksin covid-19 di RSUD Engku Haji Daud (EHD) Tanjunguban, Jumat (22/1/2021). Limbah itu didapat atas penggunaan tenaga kesehatan (nakes) dari beberapa puskesmas, klinik dan rumah sakit.

“Kita sudah melakukan pemusnahan limbah medis vaksinasi tersebut. Pemusnahannya dengan cara dibakar,” kata Kepala Dinkes Bintan dr Gama AF Isnaeni menjawab PRESMEDIA.ID, Jumat (22/1/2021).

Ia mengatakan seluruh nakes telah divaksinasi. Jadi limbahnya tidak bisa dibiarkan begitu saja sehingga harus dimusnahkan sesegera mungkin. Karena dikawatirkan disalah gunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Limbah Vaksin Sinovac yang dimusnahkan terdiri dari 175 Vial, 178 Pcs Spuit dan 178 Jarum suntik yang telah digunakan. Jumlah tersebut berasal dari pemakaian nakes di Puskesmas Kuala Sempang, Puskesmas Teluk Sebong, Puskesmas Mentigi Tanjunguban, Puskesmas Teluk Sasah, Puskesmas Sri Bintan, Klinik Ernes dan RSUD EHD Tanjunguban.

Gama menjelaskan, proses pembakaran limbah itu, memakan waktu selama 6 jam. Nantinya hasil pembakaran limbah, akan dimasukan ke dalam drum yang selanjutnya akan dikirim ke Kota Batam.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak kepolisian yang telah membantu mengawal dan mengamankan dari awal pendistribusian sampai proses pemusnahan limbah vaksin ini,” katanya.

Kegiatan pemusnahan limbah tersebut juga dihadiri oleh Kapolsek Bintan Utara, Kompol Arbaridi Jumhur, pihak RSUD EHD Tanjunguban, dan dari pihak puskesmas.

Penulis : Hasura
Editor : Ogawa

Virus-free. www.avast.com
Comments
Loading...