Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Lahan 4 Hektar di Simpang KEK Galang Batang Ludes Terbakar

Mobil UPTD Damkar Toapaya menuju lokasi kebakaran. (Foto: Istiimewa)

PRESMEDIA.ID, Bintan- Hutan dan lahan seluas 4 hektar (Ha) di Simpang Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Galang Batang, Bintan ludes terbakar, Sabtu (23/1/2021) malam. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Kepal UPTD Damkar Toapaya, Nurwendi, saat dinkonfirmasi PRESMEDIA.ID, Ahad (24/1/2021) membenarkan kejadian tersebut. Rurwendi mengatakan pihaknya mendapati adanya laporan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) sekitar pukul 18.00 WIB.

”Saat itu juga kami langsung berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Jadi Tim Satgas Karhutla Toapaya bergerak ke lokasi saat itu. Mulai dari kami UPTD Damkar Toapaya sampai Polsek Gunung Kijang,” ujar Nurwendi.

Lokasi kebakaran berada di Simpang KEK Galang Batang dan tak jauh dari Pos Koramil Galang Batang. Tepatnya di Kampung Masiran, RT 07/RW 02, Desa Gunung Kijang, Kecamatan Gunung Kijang.

Kondisi lokasi sangat terjal jadi sangat menyulitkan pihak UPTD Damkar Toapaya dan kepolisian untuk melakukan pemadaman.

“Sebenarnya bisa cepat tapi karena lokasinya sangat sulit dilalui. Sehingga api berhasil dipadamkan sekitar pukul 21.00 WIB,” jelasnya.

Kebakaran yang terjadi malam itu merupakan kasus karhutla perdana di 2021 itu. Belum diketahui penyebab kebakaran itu terjadi namun lebih kurang 4 Ha lahan telah ludes terbakar.

Nurwendi mengimbau agar masyarakat tidak melakukan pembakaran lahan sembarangan. Karena saat ini kondisi cuaca sangat panas dan angin kencang sehingga api mudah menyebar dan meluas.

“Jika ada kebakaran lahan diminta segera melaporkannya ke UPTD Damkar Toapaya atau bisa hubungi contac person 085264298857 atau 083183378546,” demikian Nurwendi.

Penulis :Hasura
Editor   :Ogawa

Comments
Loading...