Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
Banner Pemko

Besok MK Mulai Sidangkan Permohonan Gugatan INSANI Atas Pilkada Kepri 

*Berikut Jadwal dan Hakim Yang Akan Memeriksa PHP Kepri

Paslon Isdianto-Suryani (Insani) pada Pilkada 9 Desember 2020 silam. (Foto: Doc Presmedia.Id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang- Mahkamah Konstitusi (MK) dijadwalkan akan mulai melaksanakan sidang pendahuluan Perselisihan Hasil Pilkada (PHP) Gubenur provinsi Kepri yang dimohonkan pasangan calon (Paslon) nomor urut 2 Isdianto-Suryani, Kamis (28/1/2021) besok.

Infromasi yang diperoleh PRESMEDIA.ID dari KPU dan Bawaslu Kepri, sidang akan mulai dilaksanakan pada pukul 08.00 WIB di panel 3, dengan Majelis Hakim, Prof Dr Arief Hidayat, SH MS, Dr Manahan MP.Sitompul, SH, MHum, Prof Dr Saldi Isra SH, MPA.

Komisioner Bawaslu Kepri, Indrawan Susilo, mengungkapkan agenda sidang pendahuluan itu, nanti adalah mendengarkan materi gugatan yang diajukan pemohon, dalam hal ini, Paslon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 01, Isdianto-Suryani atas gugatan Perselisihan Hasil Pilkada (PHP) Kepri.

“Kami dari Bawaslu juga akan hadir, sebagai pemberi keterangan,” ungkapnya kepada PRESMEDIA.ID, Rabu (27/1/2021).

Hingga saat ini, lanjut Indrawan, yang paling jelas posisinya adalah KPU sebagai pihak termohon. Sedangkan, Bawaslu adalah pihak pemberi keterangan.

Sementara apakah Pasangan calon (Paslon) nomor urut 3 Ansar Ahmad-Marlin Agustina akan turut mengajukan permohonan sebagai pihak terkait, Bawaslu Kepri mengaku belum mengetahuinya.

“Saat ini kami juga belum tahu yaa, apakah besok akan ada juga pihak terkait. Nanti kita lihat akan terjawab dalam sidang, siapa pihak terkait dan pihak lainnya,” sebut Indrawan.

Sebelumya, melalui sejumlah kuasa hukumnya, Insani mengajukan permohonan gugatan Perselisihan Hasil Pilkada (PHP) Kepri ke MK.

Permohonan gugatan PHP Insani tersebut terdaftar dengan perkara nomor 131/PHP.GUB-XIX/2021 dengan kuasa hukum Karli SH, RM Nasatya Danisworo Nimpung SH, Reza Maladila Y Gaya SH, Fedhli Faisal SH MH, Hery Firmansyah SH, Ahmad Fakih Rambe SH, Bali Dalo SH, dan Pandu Wisudo SH.

Selain Permohonan Insani, pada hari yang sama, MK juga menjadwalkan sidang sengketa Pilkada 3 kabupaten/kota lainnya. Yakni, Kota Batam atas nama pemohon paslon nomor urut 01, Lukita Dinarsyah Tuwo-Abdul Basyid. Permohonan PHP Paslon Bupati Karimun nomor urut 02, Iskandarsyah-Anwar dan permohonan PHP Kabupaten Lingga yang diajukan Paslon 01, Muhammad Ishak-Salmizi.

Penulis:Ismail
Editor  :Ogawa

Comments
Loading...