Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Waspada Penyakit Nipah, Tim P2-KP Tanjungpinang Gelar Operasi Patuh Karantina

Tim Pengawasan dan Penindakan (P2) Karantina Pertanian Tanjungpinang melaksanakan Operasi Patuh Karantina di pelabuhan ASDP Tanjung Uban. (Foto: Istimewa)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang- Tim Pengawasan dan Penindakan (P2) Karantina Pertanian (KP) Tanjungpinang, melaksanakan Operasi Patuh Karantina untuk mewaspadai penyakit Nipah yang menyerang peternak Babi di Malaysia.

Opersai dilaksanakan di Pelabuhan ASDP Tanjung Uban sebagai implementasi dari Pasal 82 UU No. 21 Tahun 2019 tentang Karantina.

Kepala Karantina Pertanian Tanjungpinang, Raden Nurcahyo Nugroho, mengatakan operasi Patuh Karantina yang dilakukan juga bertujuan untuk mengetahui tingkat kepatuhan dan kepedulian masyarakat akan pentingnya kesehatan, keamanan komoditas pertanian yang dilalulintaskan.

“Apabila ditemukan pelanggaran, maka dikedepankan mengedukasi masyarakat untuk patuh dan lapor karantina,” ujar Raden, Senin (1/2/2021)

Saat ini lanjutnya, Virus Nipah yang terjadi di Malaysia harus menjadi kewaspadaan semua pihak, karena penyakit ini bersifat zoonosis yang artinya dapat menular dari hewan ke manusia.

Melalui Operasi patuh karantina ini, juga bertujuan meningkatkan sinergitas dengan instansi terkait di pelabuhan, sehingga hasil operasi patuh akan menjadi bahan evaluasi dan penentu kebijakan pimpinan.

Dalam operasi itu, Pemeriksaan juga dilakukan terhadap seluruh alat angkut yang datang maupun yang akan berangkat, media pembawa dan penumpang serta barang tentengan baik yang dari Batam maupun yang akan menuju Batam.

“Dari hasil pemeriksaan yang kami lakukan, beberapa alat angkut yang membawa sayuran, buah-buahan, kelapa, ayam broiler telah dilengkapi dengan Sertifikat Kesehatan baik dari Batam maupun yang akan menuju Batam,” ujarnya.

Operasi patuh yang berlangsung tujuh jam itu, juga menemukan tiga mobil pribadi yang membawa bibit tanaman (buah,hias, obat) tanpa dilengkapi Sertifikat Kesehatan dari daerah asal, 1 mobil pribadi yang lain juga membawa sayuran, buah-buahan dan sosis.

“Terhadap pelaku pelanggaran, juga kami lakukan edukasi,” sebutnya

Kegiatan ini melibatkan Kepolisian Kawasan Pelabuhan Polsek Tanjung Uban, Polsek Bintan Utara, Bea dan Cukai Tanjung Uban, POMAL, Babinsa Koramil Tanjung Uban, KSOP, KKP,BKIPM, dan BPTD Tanjung Uban.

Penulis: Roland
Editor  : Redaksi

Comments
Loading...