Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
Banner Pemko

MK Tolak Permohonan Gugatan Isdianto-Suryani

Hakim MK-RI saat mengetuk palu sidang sesaat setelah membacakan Putusan (Foto:Youtube-MK)

PRESMEDIA.ID, Jakarta- Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan Permohonan Perselisihan Hasil pilkada (PHP) Pilkada gubernur Provinsi Kepri yang diajukan calon gubernur dan wakil gubernur Isdianto-Suryani (Insani) dengan nomor perkara 131/PHP.GUB-XIX/2021.

Putusan dibacakan 9 Hakim Mahkamah konstitusi yaitu, Anuar Usman selaku ketua merangkap anggota, Aswanto, Arif Hidayat, Saldi Isra, Manahan M.P. Sitompul, Wahiduddin, Adams, Enny Nurbaningsi dan Suhartoyo dan Daniel Yusmic P.Foekh masing-masing sebagai Hakim Anggota yang dibacakan secara daring di MK-RI Selasa (16/2/2021).

Dalam konklusi atau kesimpulan dan mempertimbangan permohonnan pemohon, Mahkamah Konstitusi menyatakan, Eskesepsi mengenai kewenangan  mahkamah tidak beralasan hukum. Mahkamah berwenang mengadili permohonan Aquo, dan ketiga permohonan pemohon masih dalam tengganggang waktu yag ditentukan peraturan perundang-undangan.

“Esksespri termoho dan pihak terkait, mengenai kedudukan hukum pemohon beralasan menurut hukum. Pemohon tiak memiliki kedudukan hukum untuk mengajukan permohonan. Eksepsi lain dari pemohon dan terkait tidak dapat dipertimbangkan. Pokok permohonan pemohon tidak dipertimbangkan,”ujarnya.

Dalam Putsuan, Mahkamah Konstitusi akhirnya menyatakan, eksepsi termohon dan dan esksespsi terkiat berkenan dengan kedudukan hukum pemohon beralasan menurut hukum.

“Menyatakan Permohonan pemohon tidak memiliki kedudukan hukum. Dalam pokok Permohonan, menyatakan Permohonan Pemohon tidak dapat diterima,”ujar Majelis Hakim.

Penulis: Redaksi
Editor : Redaksi

Comments
Loading...