Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
Kab Lingga

120 Warga Singkep Goro Massal Bangun Masjid Al Fattah di Lingga

DPRD Lingga
Sebanyak 120 Warga Singkep terlihat Goro Massal Bangun Masjid Al Fattah Lingga (Foto: Aulia/Presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Lingga – Sebanyak 120 warga Singkep-Lingga gotong-royong (Goro) Massal mengerjakan bangunan Masjid Al Fattah di Kampung Sergang Laut RT 03, RW 03 Desa Tanjungharapan, Singkep Kabupaten Lingga.

Seluruh lapisan masyarakat, berbondong-bondong dan tanpa pamrih merampungkan pengerjaan pembangunan masjid itu dalam satu hari.

Ketua Panitia Pembangunan Masjid Irwansyah, mengatakan para pekerja yang hadir dalam goro itu sebanyak 120 orang. Mereka bersal dari berbagai daerah se-kecamatan Singkep tanpa meminta bayaran.

“Pembangunan yang kita mulai dari pukul 08.00 WIB, dengan gotong royong selesai kurang lebih pukul 18.00 WIB,” kata Irwansyah, Selasa, (16/2/2021).

Baca Juga

Dari pantauan media ini di lokasi, Selain warga sekitar lerlihat juga staf Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lingga dan beberapa anggota Satpol PP serta dinas lainnya, yang ikut serta dalam kegiatan goro pembagunan itu.

Sumber dana pembangunan Masjid kata Irwansyah, juga diperoleh dari sumbangan swadaya masyarakat setempat serta uluran donasi dari donatur yang berada di di Lingga dan luar daerah.

“Alhamdulillah dana sumbangan yang terkumpul kurang lebih mencapai Rp60 juta rupiah,” ucap Irwan.

Dulunya kata Irwansyah, masjid itu adalah surau kecil berbahan kayu pangung, melalui proses tahapan, hingga sekarang menjadi permanen yaitu masjid Al-Fattah.

Mengingat kondisi masjid yang sudah berdiri sejak tahun 1959, Bangunannya sudah usang serta atap seng sudah banyak yang bocor dan rapuh serta kapasitasnya sudah tidak memadai untuk jemaah yang semangkin bertambah.

Sementara jika di perbaiki juga butuh biaya dari pada diperbaiki, lebih baik di bangun dan di perbesar lagi.

“Karna jemaah yang hadir juga bukan warga sekitar melainkan dari berbagai wilayah,apa lagi kalau setiap hari jumat, jemaah terus bertambah,” ujarnya.

Selain ketua masjid, Irwan juga ditunjuk oleh masyarakat setempat sebagi pengurus TPA di daerahnya,ada sekitar 20 orang anak-anak belajar mengaji dengannya.

Harapannya mudah-mudahan pemerintah kabupaten memberi respon terhadap pembangunan masjid itu.karna degan dana tersebut die merasa belum bisa maksimal pembangunan masjid Al-Fattah,” demikian Irwan.

Penulis:Aulia
Editor  :Ogawa

Comments
Loading...