Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Besok KPU Serahkan SK Penetapan Gub dan Wagub Kepri ke DPRD dan Pemerintah

*Suhajar Koordinasi Dengan DPRD, Ansar Pastikan Hadiri Paripurna

KPU Kepri Tetapkan Ansar-Marlin Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri (Foto; Istimewa)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – KPU provinsi Kepri mengatakan, setelah pleno penetapan gubernur dan wakil gubernur terpilih hasil Pilkada 2020 dilakukan, akan segera menyerahkan SK penetapan Ansar-Marlin ke DPRD Kepri dan Pemerintah provinsi Kepri.

Komisioner KPU Kepri Arison, menyatakan SK penetapan pelno itu, besok Senin (22/2/2021) akan diserahkan ke DPRD dan Pemerintah provinsi Kepri.

“Besok SK pleno penetapan ini akan segera kami serahkan ke DPRD Kepri dan Pemerintah Provinsi Kepri. Setelah itu, selanjutnya menjadi kewenangan Pemerintah dan DPRD untuk mengagendakan pelaksanaan paripurna, dan pelantikan” ungkapnya, Minggu (21/2/2021).

Selain ke DPRD lanjut Arison, surat keputusan penetapan, juga diberikan kepada pasangan calon, Partai politik, Bawaslu, dan pihak-pihak terkait dalam pelaksanaan Pilkada.

Dan setelah pleno penetapan gubernur dan wakil gubernur terpilih itu, maka tugas KPU dalam tahapan pelaksanaan tahapan Pilkada Kepri 2020 telah usai.

“Selanjutnya tinggal menunggu jadwal pelantikanya,” ujar Ariosn.

Sebelumnya Penjabat (Pj) Gubernur Kepri, Suhajar Diantoro, mengatakan telah berkoordinasi dengan DPRD guna segera menjadwalkan paripurna pengusulan pengangkatan gubernur dan wakil gubernur terpilih hasil Pilkada 2020 Kepri.

Setelah paripurna dilaksanakan, selanjutnya Pemprov Kepri akan segera mengusulkan pelantikan gubernur terpilih kepada Mendagri.

“Nanti yang menentukan jadwal pelantikannya Mendagri, disesuaikan dengan jadwal Presiden,” demikian Suhajar.

Ansar Keluar Kota, SK Penetapan Gubernur Diterima Marlin

Sementara itu, Pleno penetapan paslon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 03 sebagai gubernur terpilih hanya dihadiri Marlin Agustina. Sedangkan, gubernur tepilih Ansar Ahmad tidak hadir dalam kegiatan yang digelar KPU Kepri tersebut.

Ketua Tim Pemenangan Ansar-Marlin, Ade Angga mengungkapkan, Ansar Ahmad tidak dapat hadir pada pleno penetapan gubernur itu, karena sedang berhalangan dan berada di luar daerah.

“Pak Ansar sedang berada di luar daerah, maka pleno diwakili oleh saya dan ibu Marlin,” ungkapnya, Minggu (21/2/2021).

Ia mengatakan, Ansar dipastikan akan hadir pada paripurna pengusulan pengangkatan gubernur dan wagub terpilih hasil Pilkada 2020 nanti di DPRD.

“Jadwal sedang kita tunggu dari DPRD, nanti Pak Ansar akan hadir di paripurna,” imbuhnya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Riau menetapkan, Ansar Ahmad-Marlin Agustina sebagai paslon calon gubernur dan wakil gubernur terpilih pada Pilgub Kepri 2020, dengan perolehan suara 308.553.

Penulis:Ismail
Editor  :Redaksi

Comments
Loading...