Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Warga Kampung Jawa Meninggal Dunia Akibat Corona, Lima Orang Kontak Erat

Kepala UPTD Puskesmas Seilekop, dr Zailendra Permana. (F: Hasura/Presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Bintan – Warga Kampung Jawa, Kelurahan Seilekop, Kecamatan Bintan Timur, Bas (58) meninggal dunia akibat Covid-19. Dia meninggal sehari setelah menjalani isolasi di RSUP Raja Ahmad Tabib (RAT) Kepri Batu 8 Kota Tanjungpinang.

Lurah Seilekop, Riswan Effendi Nasution membenarkan jika warganya itu meninggal dunia dalam kondisi tertular virus corona. Meninggalnya di RSUP RAT Kepri dan dimakamkan di TPU Kampung Jawa.

“Almarhum bernama Basuni. Tinggalnya di Gang Natuna, RT 01/RW 02, Kampung Jawa. Dia meninggal dunia Sabtu (20/2/2021) dan hari itu juga dimakamkan,” ujar Riswan, kemarin.

Kepala UPTD Puskesmas Seilekop, dr Zailendra Permana juga mengakui jika pria berinisial Bas asal Kampung Jawa itu meninggal dunia karena covid-19.

“Sudah dimakamkan hari itu juga. Pemakamannya sesuai prosedur penanganan covid-19,” katanya.

Bas ini dirawat di RSUP RAT Kepri pada Jumat (19/2/2021). Dia dirawat disana karena positif covid-19 dan mengalami sakit dengan berbagai gejala.

Setelah Bas dirawat, pihak puskesmas langsung melakukan tracing terhadap keluarga dan orang terdekat pasien tersebut. Hasilnya didapati ada lima orang yang berkontak erat. Lalu dilakukan pengambilan swab untuk dites melalui Polymerase Chain Reaction (PCR).

“Kita lakukan pengambilan swab terhadap lima orang yang berkontak erat dengan Bas. Lalu sampel swabnya dikirimkan ke BTKL Batam. Namun belum keluar hasilnya, keesokan harinya Bas meninggal dunia,” sebutnya.

Hingga kini pihak puskesmas masih menunggu hasil swab dari Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kota Batam.

Sedangkan lima orang yang berkontak erat dengan almarhum sedang menjalani isolasi secara mandiri di rumahnya masing-masing. Merkea isolasi mandiri dikarenakan tidak memiliki sakit dengan gejala apapun.

“Meskipun mereka isolasi di rumah, pihak puskesmas tetap terus melakukan pengawasan,” ucapnya.

Penulis: Hasura
Editor: Ogawa

Comments
Loading...