Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

DPRD Kepri Terima BA Hasil Pleno Penetapan Gubernur dan Wagub Terpilih

Wakil Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Riau Dewi Kumalasari saat menerima dokumen salinan berita acara (BA) hasil pleno penetapan gubernur dan wakil Gubernur terpilih hasil Pilgub 2020. (Foto: Ismail/Presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – DPRD Provinsi Kepulauan Riau telah menerima dokumen salinan berita acara (BA) hasil pleno penetapan gubernur dan wakil Gubernur terpilih hasil Pilgub 2020.

Dokumen tersebut diserahkan langsung oleh Ketua KPU Kepri, Sriwati, kepada Wakil Ketua I DPRD Kepri, Dewi Kumalasari, di Gedung DPRD Kepri, Pulau Dompak, Senin (22/2/2021).

Setelah menerima dokumen dari KPU Kepri, Dewi Kumalasari, langsung melaksanakam rapat banmus untuk menetapkan jadwal sidang paripurna.

Hasilnya, ditetapkan bahwa pelaksanaan paripurna pengumuman pengusulan, pengesahan dan pengangkatan calon gubernur dan wakil Gubernur Kepri terpilih, masa jabatan 2021-2024 digelar pada Selasa (23/2/2021) pagi jam 10.00 wib.

“Sudah ditetapkan oleh Banmus, besok dijadwalkan paripurna pengusulan pelantikan gubernur dan wakil gubernur terpilih,” ungkap Dewi.

Sementara itu, Komisioner KPU Kepri, Arison, menyatakan salinan BA hasil hasil pleno penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih sudah diserahkan DPRD dan Pemerintah Provinsi Kepri.

Dengan diserahkannya dokumen tersebut, maka tahapan selanjutnya menjadi kewenangan kedua instansi tersebut untuk segera mengusulkan pelantikan ke Kemendagri.

“Hari ini sudah diserahkan ke DPRD dan Pemprov Kepri, maka selanjutny menjadi kewenangan keduanya,” ujarnya.

Pj Gubernur Kepri, Suhajar Diantoro, saat menerima dokumen salinan tersebut mengucapkan ini merupakan proses akhir dari seluruh rangkaian proses Pilkada Kepri.

Oleh karena itu, patut proses ini patut disyukuri karena mendapat kemudahan dan kelancaran.

“Proses demokrasi di Kepri berjalan cukup baik. Terimakasih kepada semua pihak, tanpa terkecuali,” kata Suhajar.

Ditambahkannya, setelah paripurna besok pihaknya tidak akan menunda dan segera melanjutkan surat usulan pelantikan ke Kemendagri. Mantan Sekdaprov Kepri ini berharap, Kemendagri dapat segera menjadwalkan Presiden RI melantik Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri terpilih hasil Pilgub 2020.

“Harapan kita proses ini bisa segera, paling tidak seminggu atau dua minggu kedepan. Jadi, pelantikan Kepri bisa serentak dengan dua provinsi lainnya yang gugatannya juga ditolak di MK,” demikian Suhajar.

Penulis: Ismail
Editor: Ogawa

Comments
Loading...