Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Cuaca Buruk, KM Sanus 80 Molor Sehari Tiba di Kijang

KM Sanus 80 sedang belayar ke Kabupaten Natuna. (Foto: Istimewa/Presmedia.id).

PRESMEDIA.ID, Bintan – Akibat cuaca buruk, Kapal Motor (KM) Sabuk Nusantara (Sanus) 80 molor selama sehari tiba di Pelabuhan Sri Bayintan, Kijang Kecamatan Bintan Timur.

“Jika sesuai jadwalnya, KM Sanus 80 ini tiba di Kijang hari ini (Selasa, red) Jam 06.00 WIB. Namun kapal perintis itu mengalami kendala pelayaran akibat cuaca buruk,” kata Petugas Pelni Cabang Tanjungpinang, Bagian Angkutan dan Barang, Budianto, Selasa (23/2/2021).

Budi demikian sapaan akrabnya, menambahkan, ketika belayar di Perairan Natuna,  KM Sanus 80 dihantam oleh ombak tinggi disertai angin kencang. Akibatnya jarak tempuh untuk melayani beberapa pulau di kabupaten tersebut molor.

Imbasnya juga ke wilayah yang menjadi rute pemberhentian. Namun dipastikan kapal yang mampu mengangkut 500 penumpang dan 100 ton kargo itu tiba di Pelabuhan Sri Bayintan Kijang Rabu (24/2/2021).

Baca Juga

KM Lognus 4 Angkut 8000 Ton Plastik ke Jakarta

“Saat ini KM Sanus 80 sedang berada di Kuala Maras, Letung, Kabupaten Anambas. Hari ini juga berangkat dan besok sampai Kijang,” jelasnya.

Sementara itu, Staf Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Kijang, Hendri juga mengatakan hal yang sama. Bahwa KM Sanus 80 molor tiba di Pelabuhan Sri Bayintan Kijang akibat diterpa cuaca buruk.

“Iya kapal perintis ini mengalami keterlambatan berangkat dari Anambas dan keterlambatan tiba di Kijang,” katanya.

Dijadwalkan kapal memiliki kecepatan 12 knot tersebut akan tiba dari Kuala Maras ke Pelabuhan Sri Bayintan Kijang pada Rabu (24/2/2021) sekitar pukul 09.00 WIB.

Sampai di Kijang, kapal bertipe 2000 gross tonase (GT) dengan panjang (LOA) 68,50 meter dan lebar 14 meter ini, rencannya berlabuh jangkar selama dua hari. Kemudian pada Jumat (26/2/2021) sekitar 13.00 WIB.

“Jumat-nya, KM Sanus 80 berangkat ke Tambelan. Lalu ke Pontianak-Serasan-Subi-Selat Lampa-Ranai-Pulau Laut-Sedanau-Midai-Tarempa-Kuala Maras dan kembali ke Kijang lagi,” pungkasnya.

Penulis: Hasura
Editor: Ogawa

Comments
Loading...