Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Menteri PPN dan Kepala Bappenas Sebut Jembatan Babin Dibangun 2022

Penjabat Gubernur Kepri Suhajar Diantoro bersama sejumlah Kepala OPD Kepri saat mengikuti Rapat Koordinasi dengan menteri PPN Kepala Bappenas Suharso Manoarfa melalui daring di kantor gubernur Kepri. (Foto:Humas Prov.Kepri)

PRESMEDIA.ID, Jakarta- Menteri PPN dan Kepala Bappenas Suharso Manoarfa menekankan, pembangunan daerah harus sejalan dan sinkron dengan program Nasional. Sehingga terbentuk sebuah konvergensi kemajuan pembangunan di masa mendatang.

“Dengan demikian, kualitas belanja negara menjadi lebih baik dan efektif, dan perspektif pembangunan mencakup Nasional dan Daerah,” kata Suharso Manoarfa saat membuka Rapat Koordinasi bersama Gubernur Se-Sumatera melalui sambungan Video Conferen dari Jakarta, Selasa (23/02/2021).

Acara yang berlangsung secara virtual ini, dihadiri oleh Gubernur Sumatera Utara Gubernur Lampung, Gubernur Riau, Gubernur Sumatera Selatan, Gubernur Bangka Belitung, Pj.Gubernur Jambi, Pj. Gubernur Sumatera Barat, Pj. Gubernur Bengkulu serta Gubernur Aceh.

Forum Rakor Gubernur Tahun 2021 menurut Suharso, menekankan pada sinergi pelaksanaan Majorproject Prioritas Nasional dan kesiapannya dengan pembangunan daerah berbasis isu wilayah yang akan dilakukan pada tahun 2022, sebagai bagian dari fungsi Bappenas sebagai Clearing House.

Dalam forum rakor Gubernur 2021 ini, Suharso mengharapkan agar para Gubernur menyampaikan 3 (tiga) major project atau proyek prioritas Nasional yang menjadi usulan proyek baru, dalam pengembangan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi, sehingga menjadi prioritas pembangunan Nasional 2022, yang tentunya dapat mendukung prioritas pembangunan Nasional secara fokus dan terintegrasi.

“Dalam pertemuan hari ini, kita akan membahas berbagai usulan dari daerah Provinsi, terkait rencana kerja pemerintah Tahun 2022. Sebagaimana kita ketahui bersama penyusunan anggaran 2022 yang mengacu RPJMD 2022-2024 setiap tahun diturunkan dalam RKP dengan 7 agenda pembangunan Prioritas Nasional,” katanya.

Adapun fokus RKP tahun 2022, mengangkat Tema “Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural” yang memfokuskan pada reformasi disektor Industri, Pariwisata, Infrastruktur, Tranformasi Digital, Reformasi Kesehatan, Reformasi Perlindungan Sosial, Ketahanan Pangan, UMKM, Pembangunan Rendah Karbon serta Reformasi Pendidikan dan Keterampilan.

Dalam kesempatan itu, Menteri PPN dan Kepala Bappenas ini juga menyampaikan hasil evaluasi usulan proyek pada Rakor Gubernur 2020 yang lalu untuk Provinsi Kepulauan Riau.

Sejumlah proyek yang diusulkan itu diantaranya, proyek pembangunan Flyover Simpang Kabil Batam, yang saat ini posisinya telah masuk dalam tahap persiapan dan akan dialokasikan pada 2022 dengan pendanaan SSBN dan Multiyeras Contract.

Sedangkan untuk Pembangunan Jembatan Batam-Bintan lanjutnya, masuk pada kajian awal dan sedang berproses di Ditjen Pembiayaan Infrastruktur PUPR untuk finalisasi FBC.

“Ditargetkan selesai pada Q1. Dalam Q1 ini, juga akan ada pembahasan tentang lingkungan hidup dan kesiapan lahan dengan Pemerintah daerah,” ucapnya.

Penulis:Redaksi
Editor :Redaksi

Comments
Loading...