Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Vaksinasi Covid-19 Bagi Nakes Hampir Rampung, Lanjut Vaksin Lansia, TNI-Polri

Para tenaga kesehatan sedang menunggu antre vaksinasi covid-19 dosis kedua di Gedung Daerah belum lama ini. (F_Ismail_Presmedia.id) (2)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri, Mohammad Bisri, mengungkapkan program vaksinasi Covid-19 tahap pertama bagi tenaga kesehatan (nakes) hampir rampung. Selanjutnya vaksin tahap kedua dengan sasaran masyarakat dari unsur lanjut usia (lansia), petugas publik, TNI dan Polri.

”Ditargetkan sasaran vaksinasi tahap kedua di Kepri sebanyak 265.229 penerima. Rencananya, vaksinasi tahap dua dimulai awal Maret setelah vaksinasi tahap pertama dengan sasaran tenaga kesehatan (nakes) rampung,” kata Muhammad Bisri menjawab PRESMEDIA.ID, Jumat (26/2/2/2021).

Bisri menambahkan, untuk vaksin sasaran kedua ini lumayan banyak. Maka rentang waktunya juga agak panjang, kemungkinan ditargetkan rampung hingga Mei 2021. Utuk itu, dalam waktu dekat pemerintah pusat kembali mendistribusikan vaksin sinovac tahap kedua ini ke Kepri.

Menurutnya, untuk tahap awal nanti vaksinasi akan menyasar kepada 16 ribu penerima, meliputi lansia, TNI-Polri, dan pejabat publik. “Satu orang disuntik dua kali vaksin. Artinya vaksin sinovac yang tiba besok dua kali lipat dari itu, atau sekitar 32 ribu vial,” imbuhnya.

Ditambahkan Bisri, hingga saat ini proses vaksinasi untuk nakes masih terus berjalan dan ditargetkan selesai akhir Februari 2021. Berdasarkan laporan terakhir, dari total 17 ribu nakes se-Kepri, sudah sekitar 90 persen yang divaksinasi pertama, dan 80 persen vaksinasi kedua.

“Kalau tidak ada tenaga kesehatan komorbid (penyakit penyerta). Capaian vaksinasi tenaga kesehatan Kepri mungkin sudah di angka 96 persen,” demikian Bisri.

Penulis: Ismail
Editor: Ogawa

Comments
Loading...