Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Melenceng dari Target, Vaksinasi Nakes Belum Juga Rampung

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau, Muhammad Bisri. (foto: ismail/presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Vaksinasi COVID-19 dengan sasaran tenaga kesehatan (nakes) hingga saat ini belum juga rampung 100 persen. Artinya, vaksinasi untuk kelompok ini melenceng dari target awal, yang dijadualkan rampung 100 persen akhir Februari 2021 silam.

”Sebab, berdasarkan laporan hingga 28 Februari 2021 progres vaksinasi nakes untuk dosis kedua sebesar 83,2 persen atau 12.205 nakes. Sementara untuk penyuntikan dosis pertama 14.662 nakes atau 82,9 persen,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kepri, Mohammad Bisri, menjawab PRESMEDIA.ID, Rabu (3/3/2021).

Menurutnya, meski sudah masuk vaksinasi dengan sasaran tahap kedua, namun vaksinasi untuk nakes ini masih terus berlanjut. “Sesuai dengan data yang masuk jumlah nakes kita sekitar 18 ribu. Maka ini masih terus berlanjut sampai habis semuanya,” ujarnya.

Bisri menjelaskan, alasan belum rampungnya vaksinasi terhadap kelompok ini, akibat adanya sejumlah tenaga kesehatan yang ditunda vaksinasinya. Karena setelah menjalani screening ditemukan kondisi sejumlah nakes yang tidak diperbolehkan vaksin untuk sementara.

Selain itu, imbuh Bisri, ada juga tenaga kesehatan yang terdaftar sebagai penerima vaksin, namun batal menerima vaksinasi. Nakes yang batal mendapat suntikan dosis pertama vaksinasi lantaran berstatus sebagai penyintas COVID-19, serta ada yang komorbid juga.

”Namun rata-rata vaksinasi terhadap tenaga kesehatan sudah pada penyuntikan kedua,” demikian Bisri.

Penulis: Ismail
Editor: Ogawa

Comments
Loading...