Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Kasus Positif Menurun, Kepri Terbaik Kelima Nasional Penanganan Covid

Gubernur Kepri Ansar Ahmad saat divaksin tahap ke dua beberapa waktu lalu. (foto: dokumentasi/presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau, Mohammad Bisri, meyampaikan kasus COVID-19 beberapa waktu terakhir mengalami penurunan. Kondisi ini menjadi salah satu faktor pemicu Kepri meraih peringkat kelima terbaik nasional penanganan Covid-19.

“Perkembangan kasus COVID-19 saat ini turun drastis,” ungkapnya, menjawab PRESMEDIA.ID Jumat (5/3/2021). Bisri menjelaskan, ada tiga faktor yang memengaruhi penurunan kasus COVID-19 di Kepri.

Pertama, kepatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. Kemudian, kondisi geografis Kepri yang dominan wilayah kepulauan. Kondisi ini sangat menguntungkan dan menekan angka COVID-19.

”Masyarakat kepulauan sangat jarang hilir mudik. Tidak seperti di daerah Jawa yang mayoritas daratan, sehingga COVID-19 juga menyebar di wilayah desa,” terangnya.

Selanjutnya, tambah Bisri, capaian vaksinasi tahap pertama untuk tenaga kesehatan di Kepri cukup tinggi, hal itu dibuktikan dengan hasil capaian terbaik tiga nasional.

“Ketiga faktor inilah yang menjadikan Kepri terbaik kelima penanganan COVID-19 secara nasional,” kata Bisri.

Berdasarkan data Satgas COVID-19 Kepri, hingga tangga 4 Maret 2021 jumlah kasus konfirmasi mencapai 8.740 orang, dengan rincian kasus aktif 148 orang, kasus sembuh 8.371 orang, dan kasus meninggal 221 orang.

Penulis : Ismail
Editor: Ogawa

Comments
Loading...