Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
DPRD Lingga

Bupati M Nizar Persilahkan UMKM Buka Usaha di Sekitar Kampus Politeknik Lingga

Bupati Lingga Muhammad Nizar saat meninjau kembali kondisi kampus Politeknik Lingga di Dabosingkep, Ahad 7 Maret 2021. (foto: aulia/presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Lingga – Bupati Lingga Muhammad Nizar mempersilahkan masyarakat yang ingin membuka sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di sekitar lokasi kampus Politeknik Lingga. Khususnya pada setiap hari Minggu pagi.

Hal tersebut dikatakan Nizar saat meninjau kembali kondisi kampus politeknik tersebut, Minggu (7/3/2021), pascaperesmian oleh Wakil Ketua DPR RI Rahmat Gobel baru-baru ini.

Nizar yang saat itu didampingi oleh Wakil Bupati Lingga Neko Wesha Pawelloy menjelaskan, harus ada pihak yang mengkoordinir kegiatan UMKM di kawasan kampus tersebut. Bisa saja dari unsur himpunan pengusaha muda (HIPMI) Lingga atau lainnya.

”Initinya kita terus berupaya mencari cara agar supaya perekonomian masyarakat berjalan. Di sekitar kampus ini ada pohon akasia yang rindang, itu bisa jadikan tempat berjualan,” Nizar.

Lebih jauh Nizar mengharapkan, agar beberapa ruangan di gedung kampus tersebut yang nantinya akan dipungsikan sebagai musium timah dan kegiatan dewan kerajinan nasional daerah (Dekranasda). Seperti menampilkan berupa produk-produk kerajinan lokal dan lainnya.

”Selain kegiatan kampus, masyarakat umum juga boleh mengunakan ruangan yang ada di dalam gedung kampus tersebut seperti, untuk agenda rapat-rapat dan sejenisnya. Karena ruangan di dalam kampus cukup banyak. Bisa bisa diperuntukan untuk itu,” harapnya.

Tak luput, Nizar juga berpesan kepada para petugas kebersihan dari Dinas Lngkungan Hdup (DLH) Kabupaten Lingga, agar segera menyediakan tong sampah. Sehingga pengunjung yang melakukan aktifitas di sekitar lokasi kampus nantinya tidak membuang sampah sembarangan.

Terakhir, Nizar menginstruksikan kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) bahwa Mai peka depan harus memulai aktivitas di sekitar kampus tersebut.

“Semua itu harus dimulai pada minggu yang akan datang dan ditata degan baik. Supaya masyarakat yang melakukan aktifitas di area itu terasa nyaman,” pinta Nizar.

Selain itu, Nizar menyampaikan kepada Camat Singkep Agustiar, agar segera melakukan kegiatan di area kampus implasmen tersebut seperti kegiatan Car Free Day dan senam sehat di setiap hari Minggu.

Sebelum melakukan peninjauan ke gedung tersebut Nizar-Neko beserta rombongan dan tamu undangan menggelar coffee morning di Jalan Dewa Ruci Lapangan Merdeka Dabosingkep pada Minggu (7/3/2021) pagi sekitar pukul 08.00 WIB.

Saat coffee morning juga sempat dibahas tentang kesiapan sekaligus penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Lingga.

Tampak hadir dalam coffee morning itu instansi vertikal (forkopinda) seperti, Kapolres, Danlanal, Kajari, BPBD Lingga, BMKG Kelas lll Dabosingkep, Camat Singkep, serta KONI,OKP dan Ormas dan OKP di Lingga lainnya.

Penulis: Aulia
Editor: Ogawa

Comments
Loading...