Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Pekan Depan BAP Kasus Titel Palsu Anggota DPRD Tanjungpinang Dilimpah ke PN

Kepala Sekdi Pidana umum Kejaksaan Negeri Tanjungpinang Wawan Rusmawan.

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang- Kejaksaan Negeri Tanjungpinang akan melimpahkan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) kasus dugaan gelar titel palsu oknum anggota DPRD kota Tanjungpinang tersangka Rini Pratiwi ke Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpinang.

Kepala seksi Pidana umum (Kasipidum) Kejari Tanjungpinang Wawan Rusmawan mengatakan, pelimpahan BAP perkara dugaan titel palsu itu, dilakukan setelah sebelumnya penyidik Kepolisian melakukan Penyerahan Tahap II barang Bukti dan Tersangka.

Saat ini, kata Rusmawan, berkas perkara dan dakwaan penuntutan atas kasus tersebut sudah lengkap dan siap dilimpahkan ke Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpinang.

“Pekan depan kita segera limpahkan ke Pengadilan,” kata Wawan Rusmawan, Jumaat (12/3/2021).

Ia menyampaikan, seharusnya pelimpahan berkas perkara dugaan titel palsu itu ke PN, dilakukan pekan ini, tetapi mengingat ada sejumlah kegiatan dan terdapat hari libur pada pekan ini maka tidak dapat dilimpahkan.

“Saat ini berkas dakwaan tersangka sudah dirampungkan Jaksa Penuntut Umum,” ujarnya.

Adapun jaksa yang ditunjuk melakukan penuntutan adalah, Wawan Rusmawan sebagai JPU I dan Mona Amalia sebagai JPU II.

Sebelumnya, oknum anggota DPRD Rini Pratiwi ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan menggunakan titel akademis yang tidak sesuai dengan gelar yang diberikan perguruan tinggi pada tersangka.

Politisi PKB Kota Tanjungpinang ini disangka melanggar pasal 68 ayat 3 undang -undang nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Tersangka tidak ditahan Polisi dan jaksa dengan alasan ancaman hukuman atas pasal yang disangkakan hanya 2 tahun.

Penulis:Roland
Editor  :Redaksi

Comments
Loading...