Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Tiga Warga Bintan Gagal Disuntik Vaksin, Ini Penyebabnya

Wakil Bupati Bintan Robby Kurniawan saaat menerima suntikan Vaksin dosis kedua di Bintan (foto:Hasuraa/Presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Bintan- Sebanyak 3 warga Bintan gagal disuntik vaksin Covid dosis kedua. Penyebabnya karena mempunyai penyakit komorbit atau bawaan.

Kepala dinas kesehatan Kabupaten Bintan dr.Gamma AF Isnaini mengakan, ketiga warga itu, gagal divaksin karena penyakitnya sedang kambuh, dan vaksinasi dosis kedua kepada ketiganya batal dilaksanakan.

“Vaksinasi ke tiganya ditunda. Mereka akan disuntik kembali jika kesehatannya sudah stabil,” ujar Gamma Selasa (16/3/2021).

Gamma juga mengatakan, jumlah peserta yang disuntik vaksin dosis ke dua progran vaksianasi di Bintan itu ada sebanyak 855 orang. Penyuntikan dilakukan secara bertahap.

Sebelum disuntik, masing-masing penerima vaksin juga dilakukan pendataan dan screening. Dalam proses screening, dokter akan mempertanyakan kondisi kesehatan masing-masing, efek sampng yang dirasakan setelah menerima vaksin dosis pertama demikian juga penyakit yang diderita.

“Dari screening yang dilakukan didapati ada 3 orang peserta, yang kondisi kesehatannya tidak stabil sehingga penyuntikanya dibatalkan,” ujarnya.

Namun demikian, Gamma menegaskan, jika pelaksanaan vaksinasi tahap II di RSUD Bintan, Kijang, Kecamatan Bintan Timur (Bintim), Selasa (16/3/2021) itu, berjalan dengan dlancar.

Dari ratusan penerima vaksin dosis kedua, pertama diterima langsung oleh Wakil Bupati Bintan, Roby Kurniawan, kemudian dilanjutkan dengan pihak lain, sejumlah pejabat termasuk kalangan masyarakat.

“Pak Wabup (Roby Kurniawan) juga ikut disuntik vaksin dosis kedua hari ini. Saya yang mendampingi langsung dan Alhamdulillah berjalan lancar,” ujar Gama.

Penyuntikan Vaksin Sinovac pada vaksinasi tahap II itu dilakukan sebagai tindak lanjut dari penyuntikan dosis pertama yang sebelumnya dilaksanakan pada 2 Maret 2021 lalu.

Penulis: Hasura
Editor  : Ogawa

Comments
Loading...