Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Vicon Dengan Luhut, Ansar Laporkan Kesiapan Pembangunan Jembatan Babin dan Labuh Jangkar Kepri

Gubernur Kepri Ansar Ahmad saat menggelar Videconfrence dengan Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan terkait yarat teknis pembangunan jembatan dan Labuh Jangkar (foto: Humas Kepri)

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang- Gubernur H Ansar Ahmad menyampaikan perkembangan pembangunan Jembatan Batam Bintan dalam video converence dari atas kapal kepada Menko Maritim dan Investasi Luhun Binsar Panjaitan.

Selain soal Jembatan Batam Bintan, Ansar juga menyampaikan perkembangan labuh jangkar dan reaktivasi pariwisata dan investasi di Provinsi Kepri.

“Kami sudah mengajukan rekomendasi vertical clerance kepada Kementerian Perhubungan. Ketinggian saat pasang tertinggi untuk jembatan Batam Bintan nantinya 40 meter,” kata Ansar yang sedang melakukan perjalanan ke Tanjungbatu, Karimun, Selasa (16/3/2021).

Saat itu, Ansar direncanakan akan membuka MTQ Kabupaten Karimun di Islamic Centre Tanjungbatu. Kunjungan ke Tanjungbatu dilakukan setelah sebelumnya gubernur melakaankan serangkaian aktivitas di Batam.

Dalam perjalanan itu, Gubernur yang didampingi Ketua TP PKK Hj Dewi Komalasari melakukan pembicaraan melalui Video cofence bersama Menko Luhut.

Selain perihal vertical clerance jembatan Batam Bintan, Ansar Ahmad juga menyampaikan jika saat ini, semua rekomendasi daerah untik vertical clerancse pembangunan Jemabatan Babin itu sudah keluar.

“Rekomendasi ketinggian dari Disnav Tanjungpinang, KSOP Batam dan UPP Tanjung Uban, serta Lantamal Tanjungpinang seluruhnya sudah diterbitkan,” ujarnya.

Senin mendatang Ansar juga akan kembali menghadap Direktur Kenavigasian Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan RI, untuk memastikan pengeluaran rekomendasi tinggi jembatan dan selanjutnya menyampaikan sejumlah persyarata teknis bangunan jembatan itu ke Kementerian PUPR.

Ansar mengaku, sangat bersyukur, karena rekomendasi dari daerah seluruhnya sudah lengkap dan Kementrian perhubungan dipastikan akan segera mengeluarkan rekomendasi teknis, tinggi pembangunan jembatan itu.

“Akhir tahun lalu, Pemprov Kepri benarnya sudah mengusulkan vertical clerance untuk tiap Trase. Vertical clearance untuk trase Batam ke Tanjung Sauh setinggi 20 meter. Sementara dari Tanjung Sauh ke Pula Buau setinggi 40 meter,” ujarnya.

Selain Jembatan Batam Bintan, Gubernur Ansar juga melaporkan perkembangan labuh jangkar di Kepri, khusunya mengenai pertemuan dan dialognya dengan instansi dan operatir yang terkait dengan labuh jangkar.

“Kita akan terus mengoptimalkan segala potensi daerah untuk memperkuat fiskal, terutama dari labuh jangkar. Karena, kekuatan fiskal Kepri, akan mampu mempercepat pembangunan infrastruktur. Sinergitas daerah dengan pusat serta dengan berbagai komponen harus terus kita dioptimalkan untuk memajukan Kepri,” ujarnya.

Pungutan labuh jangkar lanjut Ansar, akan memperkuat ekonomi Kepri, oleh karena itu pelaksanaan dan pemungutannya harus dioptimalkan serta diawasi dengan sungguh-sungguh.

Gubernur Ansar juga menyampaikan banyak menyampaikan perihal tentang Investasi di Kepri, Karena dengan dukungan pusat, Ansar yakin investasi di Kepri akan terus berkembang dan perkembangan ekonomi akan meningkat.

“Untuk investasi, Kepri akan memberi banyak relaksasi-relaksasi dehingga ekonomi Kepri cepat pulih,” pungkasnya.

Penulis:Redaksi
Editor  :Redaksi

Comments
Loading...