Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Kembalikan Uang Korupsi Rp7,5 M, Kejati: Keterlibatan Ferdy Yohanes Tunggu Putusan PN

korupsi IUP-OP Tambang Bauksit. Kejaksaan tinggi Kepri sita uang Saksi Ferdy Yohannes Rp7,5 Milliar.(Foto: Roland/Presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Kembalikan dana korupsi IUP-OP Tambang bauksit Rp7,5 Miliar, status Bos PT.Gunung Sion Ferdy Yohanes hingga saat ini masih sebagai saksi.

Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kepulauan Riau mengatakan, keterlibatan saksi Ferdy Yohanes akan ditentukan Jaksa Penyidik Kejaksaan tinggi, setelah ada novum baru putusan Hakim PN Tipikor Tanjungpinang kepada 12 terdakwa yang saat ini disidangkan.

Kepala kejaksaan Tinggi Kepri Hari Setiyono mengatakan, Sampai saat status Ferdy Yohanes masih sebagai saksi yang merupakan seorang pengusaha di Kepri.

Dalam fakta persidangan, Ferdy Yohanes memiliki lahan yang ternyata digunakan untuk penambangan mineral bauksit. Fakta lainnya, ternyata lahan yang diklaim Ferdy Yohanes sebagai lahan miliknya dan disewakan kepada sejumlah terdakwa dalam korupsi IUP-OP Tambang bauksit itu adalah lahan hutan Lindung.

“Itu semua dari perkembangan penyidikan fakta yang terungkap di persidangan. Kita tunggu putusannya, dan penyidik mencari alat bukti yang sempurna dalam hal ini putusan pengadilan digunakan sebagai alat bukti,”paparnya.

Hari juga mengatakan, barang bukti yang disetorkan saksi dan terdakwa korupsi itu, statusnya berubah menjadi barang bukti yang digunakan oleh penyidik dalam penyidikan selanjutnya.

Ia mengungkapkan sesuai fakta yang terungkap di persidangan seluruh kerugian negara sesuai perhitungan BPKP Kepri dalam perkara ini senilai Rp 31 miliar.

“Kita kejar kemana uang ini, sehingga negara menerima kembali uang dari korupsi yang dilakukan para terdakwa,” kata Hari.

Penulis:Roland
Editor :Redaksi

Comments
Loading...