Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Kemendagri Tekankan Peran DInas PTSP dalam Layani Izin Usaha di Daerah

Sekjen Kemendagri Muhammad Hudori beserta sejumlah peserta Rakor Penyelenggaraan Perizinan Berusaha di Daerah, Kamis 18 Maret 2021. (foto: puspen kemendagri/presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Jakarta – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri, Muhammad Hudori menekankan, peran Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) daerah memberikan perbantuan pendampingan kepada pemohon perizinan usaha.

”Para pemohon yang ingin mendaftar melalui Online Single Submission (OSS), sampai mendapatkan Nomor Izin Berusaha atau NIB, Sertifikat Standar dan Izin memberikan pendampingan sesuai kewenangannya,” kata Hudori saat Rapat Koordinasi (Rakor) Sosialisasi dan Tindak Lanjut PP Nomor 6 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha di Daerah, Kamis (18/3/2021).

Hodori menjelaskan, pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 6 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha di Daerah.
Hadirnya PP tersebut, imbuhnya, merupakan dasar kepastian hukum agar penyelenggaraan perizinan berusaha di daerah dilaksanakan secara terintegrasi berbasis elektronik berdasarkan norma, standar, prosedur, dan kriteria yang ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha di Daerah selain memberikan kepastian hukum dalam berusaha, juga untuk meningkatkan ekosistem investasi dan kegiatan berusaha serta menjaga kualitas perizinan yang dapat dipertanggungjawabkan.

”Sehingga perlu didukung penyelenggaraan perizinan berusaha di daerah yang cepat, mudah, terintegrasi, transparan, efisien, efektif, dan akuntabel,” harap Hudori.

Di samping peran tersebut di atas DPM-PTSP juga berperan untuk dapat memberikan pertimbangan dalam membatalkan perizinan berusaha, sesuai dengan laporan masyarakat.

“Memberikan pertimbangan kepada lembaga Online Single Submission untuk mencabut membatalkan perizinan berusaha, berdasarkan atas laporan pengaduan masyarakat,” ujar Hudori.

Penulis: Redaksi
Editor: Ogawa

Comments
Loading...