Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Raker dengan DPR, Kemendikbud Tuai Dukungan untuk Enam Kebijakan

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Anwar Makarim. (foto: kemendikbud.go.id/presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Jakarta – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menuai dukungan untuk enam kebijakan pada tahun 2021 ini.

Dukungan datang dari Komisi X DPR RI saat menggelar rapat kerja (Raker) bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di Jakarta, pada Kamis (18/03/2021).

”Ke enam kebijakan itu adalah pertama, tentang persiapan vaksin pendidik dan tenaga kependidikan, persiapan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas, persiapan pelaksanaan Asesmen Nasional (AN),” kata Mendikbud Nadiem Anwar Makariem saat mengawali raker.

Kebijakan lainnya, seputar pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) dan penerimaan mahasiswa baru tahun 2021, tindak lanjut Program Merdeka Belajar Episode 8, SMK Pusat Keunggulan, serta perubahan kebijakan satuan biaya Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIPK).

Nadiem menyampaikan, terkait vaksinasi bagi pendidik dan tenaga kependidikan kini menjadi prioritas negara. Vaksinasi ini, kata Mendikbud akan diberikan kepada pendidik dan tenaga kependidikan di seluruh jenjang pendidikan, di satuan pendidikan negeri dan swasta, baik formal mupun non-formal.

”Vaksinasi juga termasuk untuk pendidikan keagamaan di bawah binaan Kementerian Agama (Kemenag). Total ada lebih dari 5,5 juta pendidik dan tenaga kependidikan yang menjadi sasaran penyelesaian vaksinasi pada akhir Juni 2021,” ungkap Mendikbud.

Kemendikbud dan Kemenag telah menyiapkan data pendidik dan tenaga kependidikan yang dijadikan basis pemberian vaksinasi. Selanjutnya koordinasi erat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dengan pemerintah daerah terus dilanjutkan untuk memastikan vaksinasi pendidik dan tenaga kependidikan berjalan dengan sukses dan tepat waktu.

“Ketika pasokan vaksin sudah tersedia, Dinas Kesehatan/Dinas Pendidikan/Kantor Wilayah Kemenag di daerah akan menginformasikan kepada pendidik dan tenaga kependidikan tentang jadwal vaksinasi dan lokasi vaksinasi,” tanggap Nadiem.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI selaku pimpinan rapat dari Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar), Hetifah Sjaifudian mengapresiasi program-program yang dibahas Kemendikbud pada raker.

“Hari ini saya merasa bangga, karena pada agenda rapat kami meminta empat agenda, namun mendapat bonus dua agenda (Merdeka Belajar Episode Kedelapan: SMK Pusat Keunggulan dan KIPK) yang sangat membesarkan hati,” ujar Hetifah.

Penulis: Redaksi
Editor: Ogawa

Comments
Loading...