Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

67 Peserta, Meriahkan Kejuaraan Tanjungpinang Memanah 2021

Peserta Pemanah, dalam Kejuaran Lomba Tanjungpinang memanah 2021.(Foto:Roland/Presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Sebanyak 67 atlet panahan yang berasal dari sejumlah klub di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) berlaga dalam kejuaraan Tanjungpinang Memanah dengan mengikuti Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19.

Kejuaraan memanah itu, memiliki 7 kategori yang akan diperlombakan dalam event yang digelar di Lapangan Sepakbola STAI Miftahul Ulum Tanjungpinang, Sabtu (20/3/2021).

Ketua Panitia Tanjungpinang Memanah, Hendra Saputra mengatakan, Tanjungpinang Memanah merupakan event perdana yang dilakukan pada tahun 2021 ini di Kota Tanjungpinang.

Event ini diikuti sebanyak 67 peserta baik senior maupun junior yang ada di Provinsi Kepri.

“Event ini berlangsung selama 2 hari, Sabtu dan Ahad,” ujar Hendra.

Hendra memaparkan 7 kategori ini diantaranya Standar Pemula SD Kelas 1-3 putra putri jarak 5 meter, Standar Bow SD Kelas 4-6 putra putri jarak 10 meter. Kemudian, Standar BOW SMP dengan jarak 15 meter dan Standar BOW SMA 20 meter.

Selain itu, ada juga kategori Barebow Pemula Open jarak 20 meter, Compound BOW Open 30 meter dan Barebow Series Open dengan jarak 50 meter.

“Tahun ini baru pertama kali diadakan kategori Barebow Series 50 meter. Nanti, akan ada juga series 2 dan 3, bisa digelar di Tanjungpinang lagi, atau Batam karena Barebow Series ini akan dilaksanakan per 3 bulan atau 4 bulan sekali,” paparnya.

Hendra menyampaikan tujuan kegiatan ini agar olahraga panahan tetap eksis di tengah masyarakat. Selain itu, event ini juga sekaligus wadah bagi anak-anak maupun atlet panahan dewasa untuk mengukur kemampuannya yang selama telah gigih berlatih.

“Dengan adanya kegiatan ini anak-anak dapat berlatih otot, feeling, karena kalau sebulan saja tak latihan, maka sangat berpengaruh dengan kemampuannya,” jelasnya.

Sementara itu, Pengurus Cabang Persatuan Panahan Indonesia (Pengcab Perpani) Kota Tanjungpinang, Muhammad Syukri menambahkan, Perpani Tanjungpinang mendukung penuh seluruh kegiatan panahan, termasuk event Tanjungpinang Memanah Barebow Series tersebut.

“Perpani juga membantu dalam pelaksanaan, administrasi dan perlengkapannya, termasuk hadiahnya,” ujanya.

Ia berharap, dengan digelarnya event itu akan muncul banyak pemanah yang handal di ibu kota Provinsi Kepri, khususnya pemanah junior.

“Perpani akan selalu mendukung pemanah untuk menjadi atlet-atlet yang berprestasi di Kota Tanjungpinang ini,” pungkasnya.

Penulis: Roland
Editor : Redaksi

Comments
Loading...