Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Presiden Jokowi Sebut Indonesia Swasembada Garam 2025

Presiden RI, Ir Joko Widodo. (foto: bpmi setpres/presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Jakarta – Presiden RI Joko Widodo mengungkapkan Indonesia swasembada garam alias bebas dari garam impor di 2025 mendatang.

Sebagaimana dilansir laman Presidenri.go.id, Presiden Jokowi, menyebut bahwa swasembada garam bisa dilakukan secara bertahap.

“Saya ke sini hanya ingin memastikan bahwa program untuk urusan garam ini sudah dimulai. Karena kita tahu impor garam kita 3,7 juta (metrik) ton, sementara yang bisa diproduksi dalam negeri baru 1,1 juta ton. Masih jauh sekali,” ucap Presiden, saat menyambangi tambak garam di NTT baru-baru ini.

Sementara swasembada belum terwujud, kebutuhan garam, khususnya garam industri secara nasional, dipenuhi dari pasar luar negeri alias impor.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyatakan, masalah impor garam telah diputuskan dalam rapat bersama Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi beberapa waktu lalu.

“Impor garam sudah diputuskan melalui rapat Menko (Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi),” kata Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Sakti Wahyu Trenggono.

Menurut Menteri KKP, impor hanya dilakukan ketika data kebutuhan garam sudah pasti mengalami kekurangan. Impor garam yang dilakukan juga sesuai neraca perdagangan, sehingga kebutuhan garam dalam negeri itu bisa terpenuhi.

“Nanti misalnya kekurangannya berapa, itu baru bisa diimpor, kita menunggu itu. Karena itu sudah masuk dalam undang-undang cipta kerja,” ujar Trenggono.

Penulis: Redaksi
Editor: Ogawa

Comments
Loading...