Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Kapolres Tanjungpinang Benarkan Anggotanya Ditangkap Bawa Narkoba Sabu di Batam

Kapolres Tanjungpinang AKBP Fernando (Foto:Roland/Presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang- Kapolres Tanjungpinang, AKBP Fernando membenarkan, dua warga Tanjungpinang inisial Rr dan Ki terduga pelaku Narkoba yang ditangkap di Batam salah satunya adalah oknum anggota Polres Tanjungpinang.

Penangkapan kedua tersangka, sebagaimana informasi sebelumnya,  dilakukan anggota Satnarkoba Polresta Barelang Batam di depan Mall Pelayanan Publik Batam Center-Kota Batam.

“Ia anggota kita ditangkap oleh Satnarkoba Polresta Barelang karena membawa sabu-sabu seberat 102 gram,” kata Fernando saat ditemui di Mapolres Tanjungpinang, Senin (22/3/2021).

Fernando menyampaikan, sampai saat ini yang bersangkutan masih dilakukan pemeriksaan oleh anggota Satres Narkoba Polresta Barelang.

“Saya juga sudah menurunkan propam untuk melakukan pemeriksaan,” pungkasnya.

Oknum Polisi Polres Tanjungpinang Terancam Dipecat

Fernando juga mengatakan, oknum anggota Polres Tanjungpinang yang ditangkap membawa narkoba jenis sabu di Batam itu, jika terbukti akan dipecat.

Saat ini lanjutnya, Proses hukum dan penyidikan terhadap terduga pelaku masih terus dikembangkan Satnarkoba Polresta Barelang.

“Saya selaku Kapolres sudah memerintahkan Kasi Propam untuk mendalami terkait hasil penangkapan di Polresta  Barelang,” tegasnya saat ditemui di Mapolres Tanjungpinang, Senin (21/3/2021).

Jika yang bersangkutan (oknum Polisi-red) terbukti melakukan pelanggaran Pidana tegas Fernando, sesuai dengan ketentuan, harus diproses secara hukum.

Dan setelah proses persidangan dan dinyatakan terbukti bersalah dengan hukuman tetap, selanjutnya akan dilakukan sidang kode etik.

“Konsekuensinya dipecat atau diberhentikan tidak hormat,” ujarnya.

Kapolres ini juga membantah, jika pihaknya menutupi keterlibatan oknum anggota Polisi yang ditangkap membawa Narkoba itu. Namun karena proses penyidikan di Batam, maka kepastian penyidikan masih terus dimonitor.

“Saya tidak menutupi bahwa anggota saya terlibat narkoba, setiap hari Selasa dari sejak berdiri disini, saya selalu menyampaikan jangan main main dengan narkoba,” tegasnya.

Hal itu lanjutnya, sesuai program presisi Kapolri bahwa jika ada anggota yang terlibat narkoba konsekuensinya ada dua yaitu, Pecat dan Pemidanaan sesuai dengan Hukum yang berlaku.

Sebelumnya, dua warga Tanjungpinang yang disebut oknum anggota Polisi inisial Rr dan Ki, diamankan satnarkoba Polresta Barelang di Batam sekitar pukul 23:45 Wib, Jumat (19/3)2021) kemarin.

Dari dua terduga pelaku, Polisi mengamankan satu bungkus narkotika yang diduga jenis sabu seberat 102 gram.

Kronologis penangkapan, dilakukan atas informasi dari masyarakat, bahwa di depan Mall Pelayanan Publik Batam Center Kota Batam akan ada pengiriman atau transaksi narkotika jenis sabu.

Selanjutnya, atas informasi itu, anggota Satnarkoba Polresta Barelang melakukan penyelidikan dan menangkap dua terduga pelaku Rr dan Ki.

Satu orang pelaku adalah oknum anggota Polisi. Dan saat ditanya anggota Satres Narkoba Polresta Barelang. Pelaku mengakui, bahwa Narkotika jenis serbuk kristal yang diduga Sabu itu adalah miliknya sendiri.

Rencananya, bungkusan barang haram yang diduga narkoba jenis sabu itu akan dibawa ke Tanjungpinang dan diserahkan kepada Ik seorang Warga Binaan Lapas Tanjungpinang.

Saat itu kedua terduga pelaku, langsung dibawa anggota Polresta Barelang.

Kasat Narkoba Polresta Barelang Kompol Jhon Heri Rakutta Sitepu, menolak memberi keterangan pada media ini atas penangkapan dua terduga pelaku narkoba yang diamankan ini.

Kepada PRESMEDIA.ID, Kompol Jhon Heri Rakutta Sitepu mengatakan, agar menanyakan penangkapan itu ke Kabid Humas Polda Kepri.

“Bisa dikonfirmasi langsung ke bapak Kabid Humas Polda Kepri aja,” ujarnya saat dikonfirmasi Media ini.

Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt yang dikonfirmasi dengan penangkapan oknum anggota Polisi terduga pemilik dan pembawa 102 gram narkoba jenis sabu ini mengaku belum memonitor.

“Saya belum Memonitor,” ujar Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt menjawab konfirmasi Media ini.

Penulis:Roland/Redaksi
Editor :Redaksi 

Comments
Loading...