Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
DPRD Lingga

Polres Lingga Gelar Binlat Calon Peserta Anggota Polri

Polres Lingga Gelar Binlat Calon Peserta Anggota Polri (Foto:Humas Polres Lingga)

PRESMEDIA.ID, Lingga – Polres Lingga melakukan pembinaan dan pelatihan (Binlat) kepada para Calon Peserta Anggota Polri Tahun Ajaran 2021 di Mapolres Lingga.

Tujuan Binlat kepada para caloan Peserta Polri ini, adalah sebagai upaya menciptakan lulusan anggota Polri yang unggul dan andal. Binlat sendiri akan berlangsung sejak awal Maret 2021 lalu.

Kapolres Lingga AKBP Arief Robby Rachman melalui Kabag Sumda Polres Lingga Kompol Hadi Sucipto, mengatakan pelaksanaan Binlat pada calon anggota Polri tahun 2021 di Kabupaten Lingga, mendapat sambutan antusias warga setempat. Hal ini terlihat dari banyaknya peserta yang mendaftar untuk mengikuti Binlat tersebut.

“Animo putra putri di Lingga untuk menjadi bagian dari anggota Polri sangat luar biasa, hal itu dapat kita lihat dari banyaknya jumlah peserta Binlat dari wilayah Dabo dan Daik. Kegiatan sudah sudah beberapa kali pertemuan dan materi yang berbeda-beda,” kata Hadi Sucipto, kepada PRESMEDIA.ID, Senin (22/3/2021).

Lebih jauh Kompol Hadi mengatakan, Binlat tersebut sangat penting dilaksanakan sebelum para peserta mengikuti tes yang sesungguhnya. Adapun Binlat yang dilaksanakan meliputi Binlat Kesehatan, Binlat Jasmani, Binlat Akademik dan Binlat Psikologi.

“Kita harapkan adik-adik yang mengikuti Binlat dapat terus berlatih di rumah agar ketika nanti mengikuti tes sesungguhnya telah siap dan maksimal,” katanya.

Dijelaskannya, peserta Binlat diawali dengan pemeriksaan kesehatan yang melibatkan tenaga kesehatan dan diikuti sebanyak 37 orang laki-laki dan 15 orang wanita dilakukan pengecekan tensi, tinggi dan berat badan, jarak pandang, buta warna dan postur tubuh.

Lalu pada Binlat Jasmani jumlah peserta yang mengikuti sebanyak 40 orang terdiri dari 36 orang laki-laki dan 4 orang wanita, pelaksaan Binlat dilaksanakan dengan materi kemampuan renang yang dilaksanakan di kolam renang Batu Ampar.

“Binlat ini tidak hanya dilaksanakan atau diikuti oleh peserta di Dabosingkep saja tapi juga dilaksanakan di Daik Lingga. Untuk peserta di Daik ada sebanyak 23 orang laki-laki dan 9 orang perempuan,” ungkapnya.

Sementara pada Binlat Kesamaptaan Jasmani diikuti sebanyak 35 orang peserta yang terdiri dari 32 orang laki-laki dan 3 orang wanita. Materi yang diberikan pada peserta meliputi, lari, pull up, push up, sit up dan shuttle run kegiatan dilaksanakan di Mako Polres Lingga.

“Pada pelaksanaan Binlat, sebagai pemateri selain dari anggota Polres Lingga juga melibatkan tenaga kesehatan dan tenaga pendidik,” ujar Hadi.

Sementara Binlat Akademik dilaksanakan di SMA Negeri 1 Dabosingkep sebagai pemateri atau narasumber akademik oleh tenaga pendidik dengan jumlah peserta Binlat sebanyak 62 orang terdiri dari Pria 51 orang dan Wanita 11 orang.

“Dengan pelaksanaan Binlat ini diharapkan putra putri dari Kabupaten Lingga sudah siap bersaing dengan putra putri se Kepri nantinya pada saat pelaksanaan Seleksi di Polda Kepri,” pungkas Hadi.

Penulis: Aulia
Editor: Ogawa

Comments
Loading...