Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Ikuti Arahan KPU Pusat, KPU Bintan Bongkar Kotak Suara Pilkada 2020

Ketua KPU, Ervina Sari, Komisioner Bawaslu Bintan, Dumoranto Situmorang, dan Kapolres Bintan AKBP Bambang Sugihartono menyaksikan pendataan berkas dari kotak suara Pilkada Serentak. (foto: hasura/presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Bintan – KPU Bintan membuka kotak suara Pemilihan Kepala daerah (Pilkada) Bupati-Wakil Bupati Bintan serta Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Kepri yang telah digelar 9 Desember 2020 lalu.

Upaya ini menyusul arahan KPU RI, melalui suratnya Nomor 218/PL.02-SD/01/KPU/III/2020 perihal Pengambilan Data Untuk Keperluan Evaluasi Pemilihan Serentak 2020. Proses itu disaksikan oleh Komisioner KPU dan Bawaslu Bintan, Disdukcapil Bintan serta Kapolres Bintan, AKBP Bambang Sugihartono

Komisioner KPU Bintan Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Haris Daulay mengatakan pembukaan kotak suara itu dimulai, Senin (22/3/2021) disaksikan semua pihak. Dari KPU, Bawaslu dan Polres Bintan.

”Jumlah kotak suara sesuai dengan TPS yang tersebar di Kabupaten Bintan yaitu sebanyak 353 TPS. Jadi untuk kotak Pilbup Bintan ada 353 kotak suara dan untuk kotak Pilgub Kepri juga ada 353 kotak suara sehingga total yang dibongkar sebanyak 706 kotak suara,” kata Haris kemarin.

Pembongkaran kotak suara itu hanya untuk mengambil beberapa berkas saja. Adapun yang diambil adalah Daftar Hadir Pemilih, Daftar Pemilih Pindahan, Daftar Hadir Pemilih Tambahan dan C-Hasil.

“Jadi tidak semuanya yang diambil dan discan tetapi hanya beberapa data saja,” jelasnya.

Kegiatan ini dilaksanakan sampai batas waktu sepekan atau dari 22-28 Maret 2021. Jika pengambilan datanya selesai akan langsung dibuat laporannya. Kemudian hasilnya itu semua akan dilaporkan berjenjanh ke KPU RI melalui KPU Kepri.

“Usai pembongkaran dan pengambilan data langsung pembuatan laporan sebagaimana kebutuhan. Lalu laporannya akan dikirim ke KPU Kepri pada 29 Maret 2021,” ucapnya.

Penulis: Hasura
Editor: Ogawa

Comments
Loading...