Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Wamenkes Imbau Pemda Gandeng RS Swasta Sukseskan Vaksinasi di Kepri

Ilustrasi Vaksin COVID-19. (Foto:Internet)

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang – Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) RI Dante Saksono Harbuwono mengimbau pemerintah daerah (Pemda) khususnya Pemprov Kepri menggandeng Rumah Sakit (RS) Swasta dalam rangka mensukseskan program vaksinasi di daerah

“Jalinan kerjasama dengan RS swasta ini, akan mempunyai nilai strategis yang penting dalam penyelenggaraan vaksinasi ini,” kata Dante saat Rakor bersama Gubkepri Ansar Ahmad secara virtual dengan agenda Monitoring Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Provinsi Kepulauan Riau, Selasa (23/3/2021).

Dante berharap, kerjasama Pemerintah daerah dengan RS Swasta dapat dilakukan dengan syarat, Vaksinasi tidak dipungut biaya kemudian dilakukan pengawasan penyebaran vaksinnya untuk tidak diperjualbelikan.

“Pihak swasta juga bisa menggandeng pihak-pihak sponsor untuk pembiayaan oprasional vaksinasi,” tanggap Dante.

Lebih jauh Dante menjelakan, dengan adanya rakor tersebut, akselerasi program vaksinasi akan dapat tercapai, karena bisa membuat berbagai upaya modifikasi untuk menyelaraskan berbagai aksi di daerah masing-masing.

“Kita sudah mencapai vaksinasi nasional sampai kemarin 5.708.507 vaksinasi. pertama yang warna abu-abu tua, vaksinasi kedua nantinya akan ada kejar-kejaran karena menyesuaikan vaksinasi pertama,” kata Dante.

Untuk sasaran pertama pelayan publik total 12.251 juta sedangkan tenaga kesehatan hanya 1,4 juta. Sementara sudah terselesaikan sasaran pertama 40,439,051 total yang dilayani baru 14,15 persen dengan adanya pembatalan karena komorbit 1,1 persen.

“Nanti akan kita buat proses skrining vaksinasi ini lebih ringkas dan akselerasi lebih cepat, hingga kasus covid akan menurun,” pungkasnya.

Penulis:Redaksi
Editor  :Redaksi

Comments
Loading...