Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Menkes Targetkan 21,6 Juta Lansia Indoensia Tuntas Divaksin Juni 2021

Penyuntikan Vaksin untuk menambah kekebalan tubuh terhadap Covid-19 (Foto:Istimewa)

PRESMEDIA.ID, Jakarta – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mentargetkan 21,6 juta warga lanjut usia (Lansia) tuntas divaksin pada juni 2021 mendatang.

Dari total 21,6 Juta Lansia yang harus dilindungi dan akan divaksin, hingga saat ini kata Menkes Gunadi baru sekitar lima persen yang disubtik Vaksin.

“Saat ini supply vaksin hanya cukup untuk 25 persen populasi sampai bulan Juni 2021,” kata Menkes Budi, saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di sekolah Ursulin pada Kamis (25/3/2021).

Dilansir laman resmi indonesia.go.id, Menkes Budi juga mengatakan, Jika lansia terkena penyakit COVID-19, maka besar kemungkinan akan banyak yang dirawat di rumah sakit.

Lebih lanjut Menkes Bud menjelaskan, saelain vaksinasi lansia, pihaknya juga akan minta vaksinasi untuk disabilitas. Sedangkan vaksinasi bagi masyarakat umum rencananya akan dilakukan pada bulan Juli.

Hal tersebut berdasarkan pertimbangan penyuntikan berbasis kerentanan risiko. Kerentanan risiko tertular Covid-19 pertama paling tinggi adalah tenaga kesehatan karena setiap hari berhadapan dengan virus.

“Jadi ada 1,5 juta tenaga kesehatan, mesti disuntik terlebih dahulu. Risiko kedua terbesar adalah Lansia,” katanya.

Penulis:Redaksi
Editor  :Ogawa

Comments
Loading...