Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

KPU Bintan Analisa Data 706 Kotak Suara Hasil Pilkada Serentak 2020

Komisioner dan Staf KPU Bintan sedang melakukan analisis data di Kantor KPU Bintan. (foto: hasura/presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Bintan – Setelah membuka 706 kotak suara hasil Pilbup Bintan dan Pilgub Kepri 2020, lalu diambil sejumlah berkas sebagai sampel, tahapan selanjutnya KPU Bintan menganalisa, men-scan dan menginputnya.

”Semua proses itu dilakukan komisioner dan staf KPU Bintan, disaksikan Bawaslu Bintan dan Polres Bintan,” kata Komisioner KPU Bintan Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Haris Daulay, Jumat (26/3/2021).

Berkas yang dianalisi sesuai arahan dari KPU RI melalui suratnya Nomor 218/PL.02-SD/01/KPU/III/2020 perihal Pengambilan Data Untuk Keperluan Evaluasi Pemilihan Serentak 2020.

”Data yang dianalisa mengenai Daftar Hadir Pemilih, Daftar Pemilih Pindahan, Daftar Hadir Pemilih Tambahan dan C-Hasil,” ujarnya.

Mereka mengerjakan itu semua dari pagi hingga malam hari. Hal itu dilakukan karena KPU RI memberikan batas waktu pelaksanaan pengambilan data untuk keperluan evaluasi pemilihan serentak 2020 itu sampai 28 Maret 2021.

“Sebenarnya ini untuk pendataan dan penyimpanan data secara digital,” jelasnya.

Jika semua proses tadi selesai, tahapan selanjutnya data-data tersebut akan dimasukan kembali ke kotak suara. Namun bukan ke tempat asal 706 kotak suara itu melainkan ke 10 kotak suara saja.

“Berkas yang kita ambil akan kita masukkan ke dalam 10 kotak sesuai dengan nama dan jumlah kecamatan di Bintan,” demikian Daulay.

Penulis: Hasura
Editor: Ogawa

Comments
Loading...