Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

MTQ X Kabupaten Bintan Tahun 2021 Digelar April 2021

Bupati Bintan Apri Sujadi saat dicek suhu tubuhnya pada pelaksanaan MTQ tahun lalu di Tanjunguban. Tahun ini MTQ dilaksanakan di Kecamatan Toapaya. (foto: hasura/presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Bintan – Pemkab Bintan akan menggelar Musyabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) X Tingkat Kabupaten Bintan di Gedung Olah Raga (GOR) Kantor Camat Toapaya dari tanggal 8 hingga 12 April 2021 mendatang.

Plt Kabag Kesra Bintan, Indra Gunawan mengatakan MTQ tahun ini dipusatkan di Kecamatan Toapaya. Meskipun kondisi saat ini masih pandemi covid-19, ajang ini tetap dilakukan secara terbuka dan tatap muka.

“MTQ ini digelar selama 5 hari. Tentunya acara terbuka itu wajib mentaati protokol kesehatan yang ketat. Jadi 5 M wajib dilakukan antara lain memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan serta membatasi mobilisasi dan interaksi,” jelasnya.

Perlombaan ini akan mengusung tema “Aktualisasi Nilai-nilai Al Quran untuk Mewujudkan Kabupaten Bintan yang Madani dan Sejahtera Melalui Pencapaian Bintan Gemilang,” dengan sejumlah cabang yang diperlombakan.

Selain itu, Lembaga Seni dan Qasidah (LASQ) Kabupaten Bintan juga akan melaksanakan Festival Kompang dan Marawis. Ajang ini juga terbuka bagi setiap group yang ada di Kabupaten Bintan.

”Untuk kategori lombanya adalah rebana klasik dewasa putri, rebana klasik remaja putri dan marawis putra dan putri atau gabungan.

Pembukaan MTQ X ini dapat dilihat secara langsung melalui siaran zoomeeting, website resmi Pemkab Bintan serta dapat didengarkan melalui Radio Bintan 96,5 FM.

Terpisah Bupati Bintan Apri Sujadi menambahkan, kegiatan MTQ ini, diharapkan senantiasa dapat dijadikan sebagai kesempatan yang baik untuk merefleksi, berzikir dan bertafakur untuk membangun akhlakqul karimah.

Saat ini, umat berada di tengah-tengah era globalisasi dengan kemajuan dunia digitalisasi yang memberikan berbagai dampak bagi kita semua.

“Saya berharap moment MTQ bermakna dan niat yang jauh lebih mulia di dalamnya, apalagi mendekati bulan Ramadhan yaitu sebagai upaya membumikan Al-Qur’an dan mencetak generasi Qur’ani,” demikian Apri Sujadi.

Penulis: Hasura
Editor: Ogawa

Comments
Loading...