Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
DPRD Lingga

Lingga Terima Penghargaan Dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan

Kasi pengembangan UMKM di Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Lingga Aswin mewakili pemerintah lingga saat menerima pengharagaan (Foto:Istimewa)

PRESMEDIA.ID,Lingga- Pemerintah kabupaten Lingga, kembali mendapat penghargaan dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kantor Wilayah Kepulauan Riau atas penginputan Aplikasi SIKP (Sistem Informasi Kredit Program) tahun 2019-2020.

Penghargaan ini, merupakan yang kedua kali diterima Pemerintah Kabupaten Lingga sebagai kabupaten yang tertib menginput data calon debitur dalam kredit usaha Rakyat melalui Aplikasi SIKP (Sistem Informasi Kredit Program).

Pemberiaan penghargaan, juga didasari atas lahirnya Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia nomor 155/PMK.05/2018 tentang Pedoman Penggunaan Sistem Informasi Kredit Program dan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri nomor 581/6871/SJ tanggal 14 Desember 2015 tentang Kredit Usaha Rakyat tahun 2015.

Kepala seksi (Kasi) pengembangan UMKM di Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Lingga Aswin mengatakan, sesuai dengan aturan itu, Pemerintah daerah harus menginput data calon debitur potensial yang diprioritaskan dapat dibiayai melalui kredit usaha rakyat pada aplikasi SIKP.

Penilaian yang dilakukan Dirjen Perbendaharaan, Kantor Wilayah Kepulauan Riau lanjutnya, didasarkan hasil monitoring, penginputan data calon debitur oleh pemerintah daerah di aplikasi SIKAP selama tahun 2020.

“Untuk tahun 2019 lalu, kita mendapat terbaik pertama dalam penginputan data calon debitur ke dalam aplikasi SIKP se-Provinsi Kepri, dan Alhamdulillah untuk tahun 2020 kita menempati posisi 2 terbaik se-Provinsi Kepri,” ujarnya.

Adapun turunnya peringkat pada tahun 2020 ini, menurutnya karena pada tahun 2020 terdapat bantuan dari Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) dan masyarakat sangat berharap sekali dengan bantuan tersebut, sehingga kegiatan pengumpulan informasi kredit di Kabupaten Lingga juga mengalami penurunan akibat pandemi COVID-19.

Kemudian untuk bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk para pelaku usaha Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), diharapkan dapat membantu masyarakat dalam kendala modal usaha, karena bunga yang terdapat di dalam program tersebut sangat kecil, dan terjangkau bagi pelaku Usaha di Kabupaten Lingga.

“Alhamdulillah, keberhasilan kita ini adalah tidak terlepas dari bimbingan dan dukungan penuh dari Bapak Bupati dan wakil Bupati terdahulu maupun bapak Muhammad Nizar sebagai Bupati terpilih dan Bapak Neko Wesha Pawelloy, sebagai wakil bupati terpilih saat ini,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga mengucapkan terimakasih, kepada team work tahun 2019 dan 2020 yang terkoordinir dengan baik, dari mulai kepala dinas, sekretaris, kabid, kasi dan seluruh staf di Disperindagkop dan UKM, khususnya staff di bidang UKM. Sehingga mampu mewujudkan pencapaian prestasi tersebut untuk Kabupaten Lingga.

Penulis:Obet
Editor  :Redaksi

Comments
Loading...