Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Kepala BNPT: Perlu Dukungan Masyarakat Tanggulangi Kejahatan Terorisme

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Komjen Pol Boy Rafli Amar. (foto: humas bnpt/presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Jakarta – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Boy Rafli Amar mengungkapkan, peran dan dukungan masyarakat untuk bersama-sama melaporkan pihak yang dicurigai melakukan faham radikal, sangat penting dalam penanggulangan kejahatan terorisme.

“Kami tentunya bekerja dengan maksimal untuk mencegah dan menanggulangi aksi terorisme di Indonesia. Namun, kejahatan terorisme bisa terjadi secara dinamis sehingga tidak mudah dideteksi, untuk itu peran serta masyarakat juga akan sangat membantu,” ujar Boy Rafli Amar dalam keterangan resmi bnpt.go.id pada Senin (29/3/2021).

Dilansir laman resmi indonesia.go.id, Kepala BNPT, juga mengutuk keras terjadinya tragedi ledakan bom di Gereja Katedral Makassar pada Minggu (28/3). Aksi pengeboman tersebut dinilai sangat melukai dan merusak kehamonisan sosial di Indonesia.

“Saya mengutuk keras kejadian ini. Apapun alasannya pemboman di depan Gereja Katedral Makassar tidak dapat dibenarkan. Teror dalam bentuk bom harus kita lawan,” tegasnya.

Aksi kekerasan dan teror, lanjut Boy, bukanlah ajaran agama. Oleh karenanya dia mengimbau supaya masyarakat mewaspadai jika ada pihak-pihak tertentu mengajarkan perbuatan keji dan tercela dengan mengatasnamakan agama.

“Kekerasan dan teror bukan ajaran agama. Agama apapun tidak mengajarkan dan membenarkan hal itu,” katanya.

Lebih lanjut Boy mengingatkan, teroris tidak hanya menyerang tempat ibadah. Target penyerangan teroris menurutnya bisa mengarah ke individu dalam hal ini aparat keamanan yang sedang bertugas.

“Kami tidak menutup kemungkinan mengenai fakta bahkan aparat keamanan, termasuk polisi, yang sedang bertugas pun menjadi target. Ini sebuah kejahatan extraordinary,” pungkasnya.

Penulis: Redaksi
Editor: Ogawa

Comments
Loading...