Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Sampaikan LKPJ APBD, Bupati Apri: PAD Bintan 2020 Melebihi Target

Bupati Bintan Ansar Ahmad saat menyerahakan LKPJ APBD 2020 ke Ketua DPRD Bintan Agus Wibowo (Foto: Hasura/presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Bintan – Bupati Bintan, Apri Sujadi menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggunjawaban (LKPJ) Anggaran 2020 dalam Rapat Paripurna DPRD di Gedung DPRD Kabupaten Bintan, Senin (29/3/2021).

Rapat Paripurna yang dipimpin ketua dan wakil ketua DPRD Bintan Agus Wibowo ini, juga dihadiri oleh Wakil Bupati Bintan, Roby Kurniawan unsur pimpinan dan anggota DPRD Bintan, serta jajaran OPD dan camat se Kabupaten Bintan.

Dalam laporanya, Apri menyampaikan, total APBD 2020 kabupaten Rp1,37 Triliun, yang bersumber Pendapatan Asli Daerah, Dana Perimbangan dan Lain-lain Pendapatan yang sah yang ditargetkkan.

Dari jumlah besaran tersebut, Pendapatan Daerah yang sebelumnya ditargetkan Rp1,16 triliun pada 2020 terealisasi sebesar Rp1,21 triliun lebih atau sebesar 103,52 persen.

“Capaian pendapatan daerah di APBD 2020 ini, melbihi capaian perolehaan PAD pada 2019 sebelumnya yang ditetapkan sebesar Rp41,12 miliar lebih.

Sedangkan belanja daerah dari Rp1,37 triliun yang ditargetkan, terealisasi Rp1,26 triliun atau mencapai sebesar 92,12 persen.

Dalam laporannya Apri juga menyebut, kondisi makro ekonomi daerah di kabupaten Bintan pada umumnya terjadi peningkatan dalam beberapa hal, yaitu Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dengan capaian 74,13 poin atau meningkat dibanding tahun 2018.

Demikian juga dengan harapan lama sekolah anak usia 13 dan 10 Tahun dengan rata-rata lama sekolah 8,44 Tahun. Pengeluaran perkapita masyarakat yang mencapai Rp14 Juta lebih pertahun.

“Sedangkan laju inflasi sepanjang 2020 dapat juga dikendalikan dengan besaram 1,66 persen,” ujarnya.

Sedangkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Perkapita masyarakat Bintan atas Dasar Harga Konstan, mencapai Rp13,91 triliun lebih dan PDRB Perkapita atas Dasar Harga Berlaku mencapai Rp20.74 Triliun lebih.

Kepada anggota DPRD Bintan, Apri juga mengatakan, upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan aspek daya saing Daerah di Kabupatan Bintan telah membuahkan hasil, dengan prestasi yang patut dibanggakan.

“Hal itu ditandai dengan hasil pemeringkatan Indeks Daya Saing Daerah (IDSD) yang menempatkan Kabupaten Bintan pada peringkat Pertama di antara Kabupaten/Kota se Provinsi Kepulauan Riau dengan status “Tinggi”,” ujarnya.

Predikat ini lanjut Apri, patut diapresiasi, karena secara faktual dari 516 kabupaten/kota se-Indonesia, Kabupaten Bintan berada pada peringkat 47 Nasional dengan skor 2,98 lebih berdasarkan laporan hasil tabulasi IDSD secara Nasional yang dilakukan Kementerian Riset dan Teknologi atau Badan Riset dan Inovasi Nasional.

“Namun demikian, masih terdapat beberapa target indikator makro ekonomi daerah yang perlu upaya kerja keras kita bersama dalam usaha pencapaiannya,” demikian Apri.

Penulis:Hasura
Editor  :Ogawa

Comments
Loading...