Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Ketua PKK Kepri: Sagu dan Ubi Lebih Bergizi dari Beras

Ketua TP PKK Kepri, Hj Dewi Komalasari Ansar menandatangani berkas peresmian Pasar Mitra Tani Kepri di Ganet Centre, Rabu 31 Maret 2021. (Foto: Humasprov/Presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Ketua Tim Penggerak PKK Kepri, Dewi Komalasari Ansar mengungkapkan, bahwa sagu, ubi dan jagung dari hasil uji klinis terbukti lebih bergizi dibanding dengan beras.

”Sekarang jangan lagi kita terus bergantung sama beras karena komoditas pangan yang lain pun seperti sagu, ubi, dan jagung terbukti bisa mengenyangkan dan lebih bergizi dibanding beras,” ucap Dewi pada acara Peresmian Pasar Mitra Tani, di Ganet Centre, Tanjungpinang, Rabu (31/3/2021).

Dewi menjelaskan, beras yang menjadi kebutuhan pokok masyarakat Kepri saat ini, mulai dicanangkan untuk dapat diganti dengan bahan pangan lain yang mempunyai nilai gizi sama dengan beras.

Oleh sebab itu, dengan mengambil tagline “Kenyang Tak Harus dengan Nasi”, itulah yang menjadi tema besar pada acara Peresmian Pembukaan Pasar Mitra Tani Promosi Diversifikasi Pangandaran Lokal dan Pasar Tani yang diresmikan langsung oleh Ketua TP PKK Provinsi Kepulauan Riau Hj Dewi Kumalasari Ansar tersebut.

Dengan adanya Pasar Mitra Tani ini, Dewi Ansar berharap petani yang ada di Kepri tidak kesusahan lagi menyalurkan hasil pertanian mereka dan dapat dijual dengan harga yang kompetitif bagi para petani. Saat ini menurutnya petani di Kepri sulit bersaing dengan produk pertanian dari luar Kepri.

“Kemarin saat saya kunjungan kerja ke Lingga saya melihat bahwa padi dan sagu yang petani kita tanam tidak kalah kualitasnya dari produk luar. Ini yang kita dorong jika pasar ini berjalan mari kita prioritaskan hasil dari dalam Kepri sendiri,” ucap Dewi.

Produk-produk yang ditampilkan di pasar itupun tidak hanya dalam bentuk mentah. Banyak dari produk bahan makan pokok yang kemudian diolah masyarakat menjadi penganan lain seperti Gobak, brownies sagu, tumpeng suwet, dan lain-lain.

Turut mendampingi dalam acara peresmian tersebut adalah Kepala Dinas KP2KH Ahmad Izhar, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Burhanuddin, Kepala Dinas Kesehatan M Bisri, Kepala Bulog Tanjungpinang Parluhutan Siregar, dan jajaran pengurus TP PKK Kepri lainnya.

Penulis: Ismail
Editor: Ogawa

Comments
Loading...