Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Menkominfo Imbau Masyarakat Cerdas Sikapi Terorisme di Ruang Digital

Menkomifo RI Johnny G Plate. (foto: istimewa/Infopublik/presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny Gerard Plate mengimbau, agar masyarakat cerdas dalam menyikapi kasus tindak pidana terorisme di ruang digital.

Artinya, jangan sampai masyarakat terjebak dan menyebarkan informasi tidak benar (Hoaks) yang disebarkan oleh oknum.

“Masyarakat harus sudah cerdas memilih dan memilah informasi di ruang digital. Terutama menyikapi informasi tindak pidana terorisme ini,” kata Johhny G Plate, saat berkunjung ke Monumen Pers Nasional dalam rangkaian peringatan Hari Penyiaran Nasional (Hasiarnas) ke 88 di Kota Surakarta, Jawa Tengah (Jateng) pada Kamis (1/4/2021).

Dilansir laman resmi indonesia.go.id, Menkominfo menjelaskan, dalam upaya mewujudkan hal itu, diperlukan sosialisasi yang masif dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat.

”Dari mulai tokoh masyarakat, tokoh agama, dan masyarakat pada umumnya perlu dilibatkan secara intensif. Dengan begitu, masyarakat akan mendapatkan informasi terkait literasi digital dalam menggunakan dunia maya,” imbaunya.

Langkah ini, imbuhnya, dipercaya akan menjadi faktor utama dalam membuat masyarakat lebih cerdas menyikapi berbagai informasi yang beredar di ruang digital.

“Sosialisasi masif yang melibatkan berbagai komponen masyakat sangat diperlukan pada saat ini,” katanya.

Idealnya, imbuhnya, pada peristiwa tindak kejahatan terorisme yang terjadi di Markas Besar Kepolisian jangan sampai disebarluaskan secara masif di ruang digital, khususnya media sosial.

”Sebab, akan menimbulkan berbagai dampak negatif kepada kondisi sosial masyarakat. Alasannya dari hal tersebut, sangat berpotensi membuat proses penyidikan yang dilakukan oleh aparat penegak hukum menjadi terhambat dalam beberapa waktu ke depan,” ujarnya.

Penulis: Redaksi
Editor: Ogawa

Comments
Loading...