Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Presiden: Keterbukaan Informasi Faktor Utama Sukseksan Penanganan Pandemi

Presiden Joko Widodo saat menyampaikan sambutan secara virtual dalam peringatan Hari Penyiaran Nasional ke-88 pada Kamis, 1 April 2021. (Foto: BPMI Setpres/Presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Jakarta – Presiden RI Joko Widodo mengungkapkan, keterbukaan informasi merupakan faktor penting suksesnya penanganan Pandemi Covid-19 di tanah air.

Hal tersebut dikatakan Presiden saat Peringatan Hari Penyiaran Nasional ke-88 yang disampaikan secara virtual di Istana Kepresidenan belum lama ini.

Saat ini, imbuh Presiden, setiap orang dapat dengan cepat memperoleh informasi. Setiap orang dapat dengan mudah memproduksi informasi. Setiap orang dapat dengan segera menyebarluaskan informasi.

”Konsekuensinya, keberlimpahan dan keterbukaan informasi adalah sebuah kebutuhan,” ujarnya sebagaimana ditayangkan akun YouTube Sekretariat Presiden pada Kamis, 1 April 2021.

Kebutuhan akan adanya keterbukaan dan kecepatan informasi tersebut, sangat terasa di masa pandemi saat ini di mana masyarakat mencari informasi mengenai upaya pencegahan penularan virus hingga langkah-langkah pemerintah dalam menangani pandemi.

”Keterbukaan informasi juga lah yang menjadi salah satu faktor penting dalam kesuksesan penanganan pandemi. Alhamdulillah, dengan informasi yang terbuka, transparan, akuntabel, bertanggung jawab, serta kerja sama antarsemua pihak, kita bisa segera membuat situasi kondusif dan terukur,” harap Presiden.

Pemerintah, lanjutnya, juga dapat segera mengambil kebijakan yang tepat. Masyarakat juga dapat memahami dan menghadapi pandemi ini dengan informasi yang baik.

Oleh karena itu, Kepala Negara dalam kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih kepada Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), lembaga penyiaran baik di pusat maupun daerah, serta berbagai pihak terkait lainnya yang telah bekerja sama menyajikan informasi akurat dan aktual sejak awal penanganan pandemi.

Penulis: Redaksi/BPMI Setpres
Editor: Ogawa

Comments
Loading...