Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Wagub Marlin dan Pak Wali Kota Tutup Festival Barongsai di Batam

Wagub Kepri Hj Marlin Agustina bersama Wali Kota Batam H Muhammad Rudi menyerahkan hadiah utama kepada pemenang Kepri Barongsai Festival 2021. Sebagai juara terbaik pertama Long Shi B Tanjungpinang. (foto: humasproov kepri/presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Batam – Wakil Gubernur (Wagub) Hj Marlin Agustina bersama Wali Kota Batam Muhammad Rudi secara resmi menutup event Kepri Barongsai Festival 2021, di Atrium Mega Mall Batam Centre, Ahad (4/4/2021) petang.

”Festival Barongsai ini merupakan upaya mengangkat kembali sektor pariwisata Kepri,” kata Marlin dalam sambutannya saat menutup secara resmi festival yang dimulai sejak 2 April 2021 tersebut.

Menurutnya, sektor industri pariwisata saat ini menjadi salah satu sektor yang akan mempercepat pemulihan ekonomi Kepri.

”Pariwisata bangkit, perekonomian Kepri pun akan cepat pulih,” ujarnya.

Salah satu upaya memulihkan sektor ini, juga adalah dengan melakukan vaksinasi pelaku pariwisata. Termasuk membuka kembali pintu untuk wisatawan mancanegara lewat travel bubble.

Pemerintah pusat, imbuh Wagub Marlin, pun mendukung vaksinasi untuk pelaku pariwisata.

”Bahkan Pak Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif langsung menghadiri proses vaksinasi sektor ini Nongsa Batam. Juga melakukan pembicaraan dengan Singapura sebagai upaya membuka jalur ini,” tanggapnya.

Akses Jalan Milik Provinsi Jadi Perhatian Wagub

Pada kesempatan itu, Wagub Marlin juga menegaskan tentang pembangunan infrastruktur di Batam. Terutama jalan-jalan milik provinsi.

Salah satu yang menjadi perhatian Wagub Marlin adalah penyelesaian pembangunan jalan dari kawasan underpass Pelita hingga ke Simpang Frengki. Sudah masuk tahun ke empat jalan tersebut belum selesai.

”Karena itu, saya tegaskan komitmen saya bahwa pada tahun anggaran 2022 jalan tersebut akan diselesaikan. Ini juga sebagai upaya mendukung percepatan pembangunan infrastruktur di Kota Batam,” cetusnya.

Di tempat sama Wali Kota Batam Muhammad Rudi yang juga suami Wagub Marlin ini, mengajak masyarakat untuk bersiap menerima kunjungan wisatawan.

Hal ini seiring dengan segera dibukanya pariwisata Lagoi di Bintan dan Nongsa Point Marina di Kota Batam.

”Perekomomian Batam harus terus bergerak, sekaligus meyakinkan kepada dunia luar, bahwa Batam serius menangani covid,” tanggap Rudi.

Batam juga, imbuhnya, terus bertekad mengakhiri kasus pandemi ini yang sudah berlangsung lebih dari setahun tersebut.

Sementara itu Ketua PSMTI Kepri, Eddy Hussy mengatakan, digelarnya barongsai tidak lain untuk memastikan sekaligus memberikan informasi kalau pariwisata Kepri telah siap menerima kedatangan para pelancong.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kepri Festival Barongsai dilaksanakan selama dua hari terhitung dari tanggal 2 samapai 4 April 2021. Festival barongsai ke-4 kali tahun 2021 ini diikuti oleh 10 tim barongsai se Kepri yang ikut bertanding dan berlomba.

Kegiatan barongsai, sudah menjadi cabang olahraga resmi di bawah binaan Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI). Hingga juri yang dilibatkan, resmi bersertifikat dari seluruh Indonesia.

Seperti diketahui kegiatan festival barongsai ini masuk sebagai sepuluh besar iven Kalender Pariwisata Kepri Tahun 2021. Yang bertujuan meyakinkan pelancong mancanegara akan kesiapan Kepri menerima kunjungan wisatawan.

Tampil sebagai pemenang Kepri Barongsai Festival 2021. Sebagai juara terbaik pertama Long Shi B Tanjungpinang, juara terbaik kedua Tim Xincheng Batam dan juara terbaik ketiga Persaudaraan Barongsai asal Batam.

Penutupan acara yang berlangsung meriah tersebut, juga diisi dengan hiburan tarian nusantara yang ditampilkan Sanggar Wiranti Kota Batam dan juga atraksi parade kungfu.

Penulis: Redaksi
Editor: Ogawa

Comments
Loading...