Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
Banner Pemko

Februari 2021 Kepri Hanya Dikunjungi 173 Wisman

*Tanjungpinang dan Bintan Nihil Wisman

Kunjungan Wisman dari Singpura dan Malaysia di Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura Tanjungpinang sebelum Pandemi Covid-19 (Foto: Dok-presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Kunjungan Wisatawan mancanegara (Wisman) ke provinsi Kepri kembali anjlok. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, selama Februari 2021, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) ke provinsi Kepri hanya 173 kunjungan.

Kepala BPS Kepri, Agus Sudibyo, mengatakan jumlah kunjungan Wisman tersebut, mengalami penurunan 33,72 persen dibanding kunjungan wisman Januari 2021 yang mencapai 261 orang.

Dan jika dibandingkan dengan Februari 2020, penurunan tersebut sangat turun drastis yakni mencapai 99,86 persen.

“Ini akibat masih merebaknya wabah COVID-19, sehingga berdampak pada industri pariwisata Provinsi Kepulauan Riau,” ungkapnya sebagaimana rilies yang diterima media.

Dari total jumlah wisman yang berkunjung ke Kepri itu, hanya masuk dari dua pintu utama yaitu Kota Batam sebanyak 158 wisman dan Karimun 15 wisman.

“Sementara ke Kabupaten Bintan dan Kota Tanjungpinang tidak terdapat kunjungan wisman,” ujarnya.

Kemudian, secara kumulatif Januari-Februari 2021, jumlah kunjungan wisman ke Kepri hanya sebanyak 434 kunjungan. Jumlah ini juga mengalami penurunan 99,88 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Sebelumnya, Pemerintah provinsi Kepri berencana akan membuka kembali pintu masuk pariwisata bagi wisman pada 21 April mendatang melalui travel bubble ke kawasan Marina Point Batam dan kawasan wisata Lagoi Bintan.

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, menyebut pembukaan gerbang masuk wisman ini, merupakan salah satu upaya pemerintah untuk kembali mendorong pertumbuhan ekonomi Kepri yang menurun akibat pandemi COVID-19.

Sayang-nya, rencana pembukaan wisman dari Luar kedua lokasi Pariwisata Kepri ini, belum mendapat respon dan persetujuan dari negara Singapura maupun juga Malaysia.

Penulis: Ismail
Editor: Redaksi

Comments
Loading...