Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Sekdaprov: Ranperda Perseroda untuk Pulihkan Ekonomi dan Dongkrak PAD

Suasana sidang paripurna dengan agenda jawaban Pemprov Kepri atas Pandangan Umum Fraksi. Sidang dipimpin oleh Wakil Ketua II DPRD Kepri, Raden Hari Tjahyanto, Selasa 6 April 2021. (foto: ismail/presmedia.id).

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Sekretaris Daerah Provinsi Kepri, TS Arif Fadillah, mengungkapkan keberadaan Peraturan Daerah (Perda) Perseroan Daerah (Perseroda) yang kini masih dalam bentuk ranperda, dinilai penting.

Pasalnya, jika ranperda ini disahkan menjadi perda, maka perekonomian Kepri akan kembali pulih serta pendapatan asli daerah (PAD) juga diyakini akan meningkat.

Hal itu, disampaikan Arif Fadillah sebagai jawaban terhadap Pandangan Umum Fraksi atas Ranperda Perseroda Pembangunan Kepri dan Pelabuhan Kepri di ruang rapat utama, Pulau Dompak, Selasa (6/4/2021).

Sekdaprov Arif menambahkan, dengan adanya perda tersebut, maka keberadaan badan usaha milik daerah (BUMD) dan badan usaha pelabuhan (BUP) akan lebih fleksibel dalam berusaha, khususnya dalam meningkatkan keuntungan.

“Dengan adanya ranperda ini, diharapkan keberadaan BUMD dan BUP keduanya mampu menjadi motor penggerak ekonomi dan menunjang pendapatan,” harapnya.

Selain itu, lanjut Sekdaprov Arif, mengenai penentuan jabatan dewan pengawas, komisaris, dan direksi, Pemprov Kepri akan menyeleksi secara ketat dan transparan.

Untuk menempati jabatan-jabatan tersebut, diperlukan orang-orang yang berkompeten dan profesional di bidangnya.

“Gubernur juga akan melakukan penilaian kinerja. Bagi Pengurus yang tidak kompeten dan profesional akan dievaluasi, bahkan dapat diberhentikan,” tegasnya.

Di samping itu, sesuai dengan perda sebelumnya dasar penetapan besaran modal sebesar untuk BUMD sebesar Rp 55 miliar, namun yang sudah terealisasi sebesar Rp 13 miliar.

”Sementara untuk BUP sebesar Rp100 miliar dan terealisasi baru Rp 25 miliar. Penyertaan modal yang direalisasikan sebesar 25 persen dari modal dasar,” papar Sekdaprov.

Sebelumnya, Sekdaprov atas nama Pemprov Kepri mengucapkan terimakasih kepada DPRD Kepri yang telah mengakomodir ranperda perseroda tersebut.

”Intinya, Pemprov Kepri menerima segala masukan dari fraksi-fraksi DPRD. Karena, hal itu semata-mata untuk tujuan yang lebih baik,” demikian Sekdaprov.

Penulis: Ismail
Editor: Ogawa

Comments
Loading...