Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Bupati Apri Minta PT BAI Bangun Politeknik Industri

Bupati Bintan, Apri Sujadi didampingi Kepala Disdik Bintan, Tamsir menandatangani MoU bidang pendidikan dengan PT BAI. (foto: hasura/presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Bintan – Bupati Bintan Apri Sujadi meminta manajemen PT Bintan Alumina Indonesia (BAI), juga membangun perguruan tinggi sejenis politeknik. Baik itu Politeknik Rekayasa (Engineering Polytechnic) ataupun Politeknik Industri (Industrial Polytechnic).

Hal tersebut diungkapkan Apri Sujadi saat Penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) Bidang Pendidikan antara Pemkab Bintan dengan PT BAI, Selasa (6/4/2021).

Apri menyebutkan, Pemkab Bintan akan selalu mendukung upaya PT BAI dalam memberikan perhatian khusus terhadap dunia pendidikan di Kabupaten Bintan.

”Sebab PT BAI selaku perusahaan raksasa yang mengelola Kawasan Ekonomi Khusus Galang Batang dipercayai juga dapat berkontribusi untuk meningkatkan sumber daya manusia lokal,” terang Apri.

Lebih lanjut, Apri menjelaskan, bahwa baru-baru ini, SD dan SMP milik Pemkab Bintan telah direlokasi dari dalam KEK Galang Batang ke Kawal, Kecamatan Gunung Kijang.

”Sehingga siswa bisa belajar dengan tenang tanpa terganggu aktivitas perindustrian. Sekolah satu atap itu telah dibangun dan bangunan baru itu sudah diserahkan ke pemerintah. Tinggal digunakan untuk proses belajar mengajar saja,” ujar Apri.

Apri meminta perusahaan yang berinvestasi ratusan triliun di Kabupaten Bintan itu tidak hanya fokus terhadap SD dan SMP saja. Namun juga perlu membuat suatu terobosan baru dalam meningkatkan kualitas SDM anak lokal atau tempatan.

Seperti mendirikan fasilitas pendidikan tinggi yang berguna untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki keahlian (skill) sesuai yang dibutuhkan industri di KEK Galang Batang.

“Jangan hanya fokus ke SD dan SMP saja. Tapi berikanlah sebuah kampus atau Politeknik Industri yang berguna untuk menyiapkan skill tenaga kerja lokal bagi memenuhi kebutuhan industri,” jelasnya.

Kawasan Wisata Lagoi Bangun Politeknik Pariwisata

Politeknik Industri tersebut, lanjut Apri, akan membantu meningkatkan kompetensi para pekerja lokal dalam memenuhi kebutuhan dunia kerja.

Seperti halnya dilakukan PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) selaku perusahaan pengelola Kawasan Pariwisata Terpadu Lagoi.

PT BRC selalu memberikan perhatian khusus bagi dunia pendidikan. Sehingga dihadirkan sekolah dari jenjang PAUD, TK, SD, SMP, SMA sampai bangku perkuliahan.

“Kalau PT BRC telah menghadirkan kampus bidang pariwisata yaitu Politeknik Bintan Cakrawala (PBC). Kita minta PT BAI bisa mengikuti jejak PT BRC,” demikian Apri

Penulis: Hasura
Editor: Ogawa

Comments
Loading...