Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
Kab Lingga
DPRD Lingga

Tingkatkan Iklim Investasi, Gubernur Ansar Kampanyekan Majas “Ada Gula Ada Semut”

Gubernur Kepri Ansar Ahmad menabuh gong tanda dibukanya Musrenbang Kabupaten Lingga 2022, di Aula Kantor Bupati Lingga, Selasa 6 April 2021. (foto: humas prov kepri/presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Lingga – Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad kini tengah mengkampanyekan majas/peribahasa ”ada gula ada semut” bersempena meningkatkan iklim investasi di kabupaten/kota.

Hal itu Gubernur Ansar sampaikan saat membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Lingga di Balai Agung Negeri Bunda Tanah melayu (Aula Kantor Bupati Lingga), Selasa (6/4)

Sebelumnya, Gubernur Ansar juga menyampaikan prinsip ”ada gula ada semut” saat membuka Musrenbang di Kabupaten Anambas. Menurutnya, secara prinsip peribahasa tersebut harus dimaknai saat gelar pembangunan.

Sebab, imbuh Gubernur Ansar, iklim investasi di daerah yang kondusif juga menjadi kunci utama suksesnya pelaksanaan program-program pembangunan tersebut.

”Intinya, bagaimana kita bisa menarik para investor untuk berbondong-bondong menanamkan investasinya. Maka harus ada program stimulus berupa relaksasi. Baik relaksasi fiskal maupun dalam hal pengurusan dokumen perizinan harus dipermudah dan transparan,” ujar Gubernur Ansar.

Untuk itu, Gubernur Ansar mengharapkan dengan dilaksanakannya Musrenbang Kabupaten Lingga selain menghasilkan dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), juga harus melahirkan beragam Ranperda Investasi yang ditujukan untuk upaya pemulihan ekonomi dalam menghadapi pandemi Covid 19.

“Saya juga mengharapkan di dalam Perda-perda tersebut nantinya akan berisi poin-poin relaksasi kepada para investor dengan prinsip ada gula ada semut tadi,” imbau Gubernur.

Terkait dengan rencana berlabuhnya cruise ship di Kabupaten Lingga, sekaligus jika ada investor yang ingin membangun kawasan perhotelan, maka mungkin bisa diberikan relaksasi pajak selama 2 tahun awal pembukaan.

Dalam kaitan ini, Gubernur Ansar mencontohkan kesuksesan yang diraih Manajemen PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) Lagoi yang mengelola industri pariwisata, hal ini sebagaimana dipaparkan Group General Manager BRC, Abdul Wahab sebelumnya dalam kesempatan tersebut.

”Kesuksesan yang diraih kawasan BRC Lagoi tidak luput dari adanya relaksasi. Investor berduyun datang ke kawasan tersebut,” katanya.

Lebih jauh, Gubernur Ansar juga menyampaikan apresiasi dan rasa bangga karena dari infografis perkembangan Covid-19 di Kepulauan Riau, Kabupaten Lingga menjadi 1 dari 3 Kabupaten yang masuk ke zona hijau dengan penambahan 0 kasus positif baru bersama Natuna dan Anambas.

Satgas Covid-19 Provinsi Kepri, lanjutnya, akan bekerja keras menghentikan pandemi ini karena sangat mengganggu sendi-sendi kehidupan.

”Maka saya mengajak semua tetap harus mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan dengan sungguh-sungguh walau Kabupaten Lingga sudah masuk ke zona hijau” tegasnya

Tak luput, Gubernur Ansar juga memaparkan konstruksi berpikir terkait hasil pelaksanaan musrenbang dengan referensi untuk menentukan kebijakan ke depan adalah menyangkut 2 hal makro.

Yang pertama, imbuhnya, adalah pengendalian covid dan pemulihan ekonomi di kabupaten lingga. Karena pandemi covid 19 ini memang mendegradasi semua angka-angka indikator ekonomi, salah satunya pertumbuhan ekonomi.

”Yang kedua Berkomunikasi dengan para Kepala Balai Kementerian PUPR yang sengaja saya ajak ke sini karena merupakan perpanjangan tangan dari kementerian pusat agar potensi proyek major nasional dapat dilaksanakan di Kabupaten Lingga” tutupnya.

Sebelumnya, Gubernur Ansar beserta rombongan tiba di Dermaga Sungai Tenam pada pukul 08.30 WIB disambut langsung Bupati Lingga Muhammad Nizar beserta jajaran Forkopimda Kabupaten Lingga. Selanjutnya tiba di Gedung Daerah disambut dengan pencak silat, tabur beras kunyit dan pemasangan tanjak.

Turut mendampingi Gubernur Ansar Danlanud Raja Haji Fisabilillah Kolonel Pnb Andi Wijanarko, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kepulauan Riau Albert Renaldo, Kepala SKOP Balai Wilayah Sungai Sumatera V Nur Hanif Sutama.

Ikut serta juga Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional Yumardi, Anggota DPRD Kepulauan Riau Dapil Bintan-Lingga H. Kamaruddin Ali, Kepala Dinas PUPR Abu Bakar, Kepala Kesbangpol Lamidi, Staf Khusus Gubernur Suyono.

Penulis: Redaksi/Humas Prov Kepri
Editor: Ogawa

Comments
Loading...