Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Terkendala Aplikasi SIPD, Serapan APBD Kepri 2021 Masih Minim

Sekda Kepri TS Arif Fadillah (Foto:Ismail/presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepulauan Riau, TS Arif Fadillah mengungkapkan hingga berakhirnya triwulan I (Tw-I) 2021 progres serapan APBD Kepri masih minim.

Kendati demikian, Arif enggan membeberkan persentase progres fisik dan keuangan APBD Kepri 2021 pada Triwulan ke II saat ini.

Hal itu lanjutnya, disebabkan adanya penyesuaian Aplikasi, sistem informasi manajemen daerah (SIMDA) ke sistem informasi pemerintah daerah (SIPD), yang mengakibatakan, sejumlah kegiatan yang seharusnya sudah lelang menjadi tertunda.

“Progresnya memang masih minim, dan sedikit ada trouble (Bermasalah) di sistim SIPD. Dan hal ini juga terjadi hampir di seluruh daerah se-Indonesia,” ungkapnya Rabu (7/4/2021).

Gubernur lanjut Arif juga terus mendorong agar seluruh OPD segera melaksanaan kegiatan fisik DIPA masing-masing sesuai dengan agenda Triwulanisasi kegiatan program.

Untuk Triwulan (TW) I kegiatan sebut Arif, gerak Progres APBD Kepri mengalami keterlambatan. Namun pergerakanya, diperkirakan akan nampak pada Tw-II dan III mendatang.

“Setakat ini bisa dibilang jalannya normal. Cuman Tw-I kita mendorong untuk pelaksanaan lelang. Memang untuk kegiatan biasanya digas (dipacu,red) di Tw-II dan III,” ujar Arif.

Untuk Tw-II ini lanjut Arif, pihaknya akan mempercepat serapan APBD Kepri, Karena sesuai dengan program Gubernur selain mulai menghidupkan sentra ekonomi dan Investasi, salah satu faktor pendukung terpacunya pergerakan ekonomi adalah mencakup daya serap APBD.

“Gubernur sudah menginstruksikan, pada TW II ini akan digenjot, seluruh OPD sudah diinstruksikan, agar keiatan di triwulan II dan III dipercepat, supaya denyut nadi ekonomi di tengah pandemi juga mulai berjalan,” harapnya.

Saat ini, ditambahkan Arif, Pemerintah provinsi Kepri juga tengah mengejar dua agenda penting, yaitu, Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) 2021-2026 sesuai dengan visi misi Gubernur dan Wakil Gubernur. Kemudian, menggesa penyusunan APBD Perubahan 2021.

“Untuk APBD Perubahan, kita tinggal menunggu hasil audit BPK. Makanya, sekarang ini kita gas agak laju, mudah-mudahan tepat waktu,” demikian kata Arif.

Penulis:Ismail
Editor  :Ogawa

Comments
Loading...