Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Tim Satgas Pangan Bintan Pastikan Stok dan Harga Sembako di Tanjunguban Jelang Ramadhan Aman

Tim Satgas Pangan Bintan saat survei harga bapokting di Pasar Baru Tanjung Uban, Rabu 7 April 2021. (foto: Hasura/presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Bintan – Berdasarkan pantauan Tim Satgas Pangan Bintan guna memastikan stok kebutuhan pokok dan penting (bapokting) di Wilayah Kabupaten Bintan menjelang Ramadhan, hasilnya tetap aman. Begitu juga dengan harganya tetap stabil.

Hal ini sebagaimana hasil tinjauan di Pasar Baru, Tanjung Uban, Kecamatan Bintan Utara. Ditemukan satu komoditas pangan saja yang mengalami kenaikan harga. Sedangkan lainnya masih stabil, bahkan ada yang turun.

Kapolres Bintan AKBP Bambang Sugihartono mengatakan dari hasil peninjauan hanya harga daging sapi beku mengalami kenaikan sebesar Rp2 ribu per Kg sedangkan daging ayam mengalami penurunan harga Rp2 ribu per Kg.

“Pantauan di lokasi, harga daging sapi beku naik dari Rp96 ribu menjadi Rp98 ribu. Kalau harga daging ayam turun dari Rp40 ribu menjadi Rp38 ribu,” ujar Bambang, kemarin.

Untuk bahan pokok yang masih stabil antara lain ikan benggol Rp20 ribu per Kg, sotong Rp40 ribu per Kg, ikan lele Rp30 ribu per Kg, bawang Bombay Rp18 ribu per Kg.

Begitu juga dengan harga bawang jawa Rp28 ribu per Kg, bawang india Rp18 ribu per Kg, cabai rawit Rp60 ribu per Kg, cabai setan Rp65 ribu, cabai kering Rp65 ribu, kentang medan Rp14 ribu per Kg, dan wortel Rp18 ribu per Kg.

“Begitu juga dengan sayuran, telur ayam, gula, minyak goreng dan lainnya harganya juga tetap stabil,” jelasnya.

Selain itu juga dipastikan pasokan gas melon ukuran 3 Kg atau gas elpiji subsidi di Kabupaten Bintan aman dan kondusif. Baik menjelang Ramadhan sampai dengan Lebaran.

Untuk memenuhi permintaan gas bagi masyarakat tak mampu di Kabupaten Bintan. Pertamina Tanjunguban mengirimkan gas 3 Kg itu sebanyak 11 Lo dalam satu hari. Untuk setiap Lo berisikan 560 tabung sehingga setiap harinya pasokan gas ke masyarakat sebanyak 6.160 tabung.

“Diminta para distributor tidak menaikkan harga yang signifikan, apabila nanti ditemukan hal-hal yang mengarah ke tindak pidana maka akan kami proses sesuai peraturan perundang-undangan,” katanya.

Penulis: Hasura
Editor: Ogawa

Comments
Loading...