Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Sambut Travel Bubble, BRC Lagoi Terapkan Tiga Kriteria Zonasi

Wisman tiba di Lagoi sebelum pandemi covid-19. (foto: hasura/presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Bintan – Kawasan Pariwisata Lagoi akan menerapkan tiga kriteria zonasi, jika Travel Bubble Bintan-Singapura resmi diberlakukan. Yaitu Zona Khusus, Zona A dan Zona B yang dihadirkan untuk melayani para wisatawan atau pengunjung.

Group General Manager GGM PT Bintan Resort Cakrawala (BRC), Abdul Wahab Kamis (8/4/2021) kepada media ini mengatakan, beragam upaya telah dilakukan agar Travel Bubble Bintan-Singapura dapat terlaksanakan.

”Mulai dari penerapan prokes, pembentukan satgas penanganan covid-19, mendapatkan Sertifikat CHSE dan menyediakan laboratorium PCR. Saat ini program vaksinasi masih tengah dilakukan,” ujar Abdul Wahab.

Menurutnya, upaya tersebut ditujukan untuk semua karyawan hotel, pekerja wisata, pekerja umum, vendor, supplier, kontraktor, pedagang makanan dan minuman yang berkecimpung dalam usaha kepariwisataan di Lagoi.

Selain itu, imbuhnya, juga akan menerapkan zonasi wilayah yang dapat diakses pengunjung Internasional atau wisatawan mancanegara (wisman) dan wilayah yang dapat diakses oleh pengunjung Domestik atau wisatawan Nusantara (wisnu).

Adapun zonasi itu dibagi dalam 2 klasifikasi besar. Klasifikasi 1 yaitu wilayah yang dapat diakses wisman diidentifikasi sebagai Zona Khusus dan Zona A. Sedangkan klasifikasi 2 adalah Zona B.

Untuk zona A meliputi Crystal Lagoon, The Anmon, Natra Bintan, Nirwana Gardens Resorts, Banyan Tree, Angsana Resorts, Cassia Bintan, Lapangan Golf Laguna Bintan serta Township dan Pujasera Lagoi.

”Kemudian Zona Khusus juga untuk Wisman antaralain Hotel Club Med, The Sanchaya dan Lapangan Golf Ria Bintan,” ujarnya.

Sedangkan untuk Zona B yang dapat diakses oleh wisnu untuk setiap waktu seperti Lagoi Bay, Safari Lagoi, Grand Lagoi Hotel, Pantai Indah Holiday Villa, Lagoi Bay Villa serta Lapangan Golf Jack Niclaus.

“Rancangan pemetaan zonasi ini bertujuan agar akses bagi pengunjung ‘Internasional’ dari Singapura dapat dibuka secara bertahap berdasarkan zonasi ketika travel Bubble Bintan-Singapura ini resmi dapat dilakukan,” jelasnya.

Segala pembatasan dalam hal aturan masuk kawasan, screening, zonasi, protkes dan lain-lain akan ditinjau dari waktu ke waktu seiring melandainya situasi pandemi covid-19. Tentunya mengikuti petunjuk dari pemerintah pusat dan daerah, Satgas Penanganan Covid-19 Pusat dan daerah serta WHO.

PT BRC selaku pengelola Kawasan Pariwisata Lagoi berharap tentunya pandemi covid-19 akan terkendali dengan baik sehingga semua hotel dan resorts di dalam kawasan kembali beroperasional secara merata dan dapat menerima semua pengunjung.

”Sehingga karyawan hotel dapat kembali bekerja secara penuh seperti sebelumnya. Kami juga akan melakukan upaya diskusi dengan negara-negara di Asia Tenggara dan Asia Pasifik melalui pemerintah terkait konsep travel bubble yang sama,” pungkasnya.

Penulis: Hasura
Editor: Ogawa

Comments
Loading...