Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Hindari Overlapping, Ketua TP-PKK Kepri Lakukan Sinkronisasi dan Sinergitas Program

Ketua TP PKK Kepri Hj Dewi Kumalasari saat memimpin Rapat Sinkronisasi dan Sinergitas Program kerja antara TP PKK bersama Para OPD Mitra di lingkungan Pemprov Kepri di Gedung Daerah Tanjungpinang, Kamis (8/4/2021). (foto: humas prov kepri/presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang- Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kepri Hj Dewi Kumalasari Ansar terus berupaya melakukan sinkronisasi dan sinergitas program.

Hal ini, bersempena menghindari terjadinya tumpang tindih (overlapping) anggaran dan program serta mencegah terjadinya program dan anggaran yang mubazir.

”Oleh sebab itu, TP-PKK Kepulauan Riau sebagai mitra kerja OPD, mengajak bersama-sama mensinergikan kegiatan. Sebab selama ini kegiatan PKK selalu berdampingan dengan kegiatan pemerintah melalui OPD. Kami harap dapat sejalan dengan visi misi Gubernur Kepri” kata Hj Dewi Ansar saat Rapat Sinkronisasi dan Sinergitas Program kerja antara TP PKK bersama Para OPD Mitra di lingkungan Pemprov Kepri di Gedung Daerah Tanjungpinang, Kamis (8/4/2021).

Rapat kali ini merupakan rapat untuk program kerja tahun anggaran 2022. Kemudian program yang telah disinkronkan dan disusun ini akan disampaikan Ke Barenlitbang untuk diikutkan ke Musrenbang tingkat Provinsi.

“Kami dari TP-PKK bukan ingin mencampuri program di OPD, tetapi ingin mengetahui program-program OPD yang dapat menjadi dasar program PKK sehingga dapat mensinkronkan program kami dengan OPD mitra, untuk menghindari kemubaziran anggaran dan tumpang tindih program” tegasnya.

Pada kesempatan itu Hj Dewi Ansar juga berharap mitra OPD dapat menyediakan data, sehingga mungkin dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan rutin yang sudah menjadi ikon OPD yang berkaitan dengan PKK yang tidak dapat dilaksanakan karena adanya refocusing anggaran, atau dapat bersama-sama melaksanakannya.

“TP-PKK adalah tim yang menggerakkan kesejahteraan keluarga, oleh karena itu kami berperan sebagai penyambung lidah dan memastikan apa yang telah diprogramkan pemerintah sampai ke level keluarga, sehingga jargon-jargon negatif mengenai PKK berganti menjadi jargon positif “Perempuan Kreatif dan Kompeten,” ungkap Hj Dewi Ansar.

Rapat diisi dengan pemaparan dari mitra OPD mengenai kegiatan-kegiatan dari masing-masing OPD yang bersinergi dengan kegiatan PKK dan ditanggapi Ketua TP-PKK dengan hasil akhir kegiatan-kegiatan yang tumpang tindih dapat teridentifikasi.

Turut hadir dalam rapat ini Plt Biro Humas, Protokol dan Penghubung Zulkifli, Perwakilan Dinas PMD Dukcapil, Dinas P3AP2KB, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Disperindag, Disnakertrans, Diskominfo, Badan Kesbangpol, dan Biro Umum.

Penulis: Redaksi/Humas Prov Kepri
Editor: Ogawa

Comments
Loading...