Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Sikapi Edaran Menpan-RB, ASN Pemprov Kepri Dilarang Mudik Lebaran

ASN Pemprov Kepri usai melaksanakan apel pagi. (foto: ismail/presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau melarang seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungannya mudik pada perayaan Idul Fitri 1442 Hijriah.

Hal tersebut menyusul terbitnya Surat Edaran (SE) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Tjahjo Kumolo terkait larangan mudik bagi ASN pada 6 hingga 17 Mei 2021.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepri, TS Arif Fadillah, mengatakan larangan mudik bagi ASN tersebut bertujuan untuk menekan penyebaran pandemi COVID-19.

Terlebih, hingga saat penyebaran COVID-19 masih ada dan belum belum menunjukkan tanda-tanda dapat dikendalikan.

“Saya harap, ASN maklum dengan kebijakan ini. Tahun ini kita lebaran secara virtual dulu,” ungkapnya, Jumat (9/4/2021).

Ia menegaskan, jika masih ada ASN yang nakal pihaknya akan memberikan sanksi, baik berupa teguran lisan maupun tertulis. Sesuai dengan sanksi yang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010 tentang disiplin PNS

“Bisa penundaan kenaikan pangkat, penundaan kenaikan gaji, hingga penurunan pangkat setingkat lebih rendah,” tegas Arif.

Oleh karena itu, Arif mengimbau seluruh ASN agar menaati larangan tersebut. Dengan tidak mudik ke kampung halaman masing-masing pada hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

Dirinya juga berharap, para ASN sebagai pelayan publik menjadi contoh bagi masyarakat untuk tetap tidak mudik di tengah pandemi.

Kecuali, katanya, ada urusan atau keperluan mendesak ke luar kota, seperti perjalanan dinas yang tak bisa ditunda.

“Itu pun harus menunjukkan surat izin tertulis dari pihak-pihak terkait sesuai kriteria bepergian saat pandemi,” demikian Arif.

Penulis : Ismail
Editor: Ogawa

Comments
Loading...