Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Cegah Kerumunan, Arif Fadillah Sarankan Transaksi Jual Beli Bazar Ramadhan Via Daring

Sekda provinsi Kepri TS Arif Fadillah (Foto;Ismail/presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau menyarankan agar masyarakat lebih menerapkan sistem jual via daring makanan dan minuman di Bazar Ramadhan.

Sebagaimana pada bulan suci Ramadhan 1442 Hijriah, akan banyak warga yang membuka usaha menjual makanan dengan membuka stand bazar Ramadhan.

Sekretaris Daerah provinsi kepri TS Arif Fadillah, mengatakan penerapan sistem jual beli via daring di bazar Ramadhan itu, menjadi salah satu upaya dalam pencegahan penyebaran COVID-19.

“Makanya, kita akan kumpulkan Kadis Perindag guna mengatur sistem Bazar pada bulan Ramadhan nanti,” kata Arif Fadillah, Jumat (9/4/2021).

Lebih lanjut Arif mengatakan, untuk mengatasi adanya kerumunan, pihaknya lebih menyarankan agar warga mengedepankan sistem jual beli daring.

Arif juga mengakui, pembukaan bazar makanan dalam kondisi pandemi Covid pada Ramadhan saat ini serba salah. Karena, disatu sisi diharapkan tidak terjadi kerumunan untuk mencegah penyebaran COVID-19, Di sisi lain, pemerintah juga menginginkan ekonomi masyarakat bergerak.
“Oleh karena itu hal ini harus kita atur dengan baik,” terangnya.

Ketua Harian Satgas COVID-19 ini juga mengatakan, dalam beberapa hari terakhir, kurva positif COVID-19 di Kepri meningkat. Hal itu disebabkan penerapan protokol kesehatan di masyarakat longgar.

Ia mengakui, memang untuk penerapan penggunaan masker di masyarakat saat ini sudah agak tertib. Namun, yang selalu terlihat diabaikan saat ini dalam hal menjaga jarak di tempat umum.

Oleh karena itu, dirinya berharap kepada Satgas yang telah dibentuk baru-baru ini dapat bekerja ekstra mencegah abainya penerapan promkes di masyarakat.

“Kita dorong satgas ini lebih mengawasi, karena ini sama-sama kita jaga. Apalagi, sekarang ini sudah mau masuk ramadhan agar angka COVID-19 bisa ditekan,” ucapnya.

Untuk diketahui, berdasarkan data dari Satgas COVID-19 Provinsi Kepri, jumlah pasien terkonfirmasi positif COVID-19 pada 8 April 2021 mengalami penambahan sebanyak 26 pasien.

Mereka terdiri dari Kota Batam 8 orang pasien, Tanjungpinang 13 pasien, Bintan 4 orang, dan Karimun 1 orang pasien.

Sehingga, secara kumulatif jumlah pasien positif COVID-19 saat ini sebanyak 9.440 orang. Sementara, pasien COVID-19 yang sudah sembuh saat ini sebanyak 8.856.

Sedangkan, pasien yang masih aktif baik yang dirawat di rumah sakit maupun menjalani isolasi mandiri sebanyak 351 orang. Sementara korban meninggal dunia sebanyak 233 orang.

Penulis:Ismail
Editor  :Ogawa

Comments
Loading...