Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
DPRD Lingga

Pemkab Lingga Akhirnya Bantu Keluarga Penderita Depresi Berat di Kampung Nerakak

Kepala dinas sosial kabupaten Lingga bersama kepala desa serta perangkatnya, kamtibmas dan para pemuda mendatangi rumah keluarga Widi pada Jumat (9-4-2021) sore.

PRESMEDIA.ID, Lingga – Pemerintah Kabupaten Lingga, akhirnya mengunjungi keluarga penderita depresi berat keluarga Widi, yang tinggal satu rumah di Jalan Air Bedegam Kampung Nerakak RT 03/RW 04, Desa Sedamai Kecamatan Singkep Pesisir Lingga.

Kepala dinas sosial kabupaten Lingga bersama kepala desa serta kamtibmas dan para pemuda didesa itu,  mendatangi rumah keluarga Widi pada Jumat (9/4/2021) sore.

Plt Kepala dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Lingga, Kisanjaya mengaku, sangat prihatin atas penderitaan yang menimpa empat orang anggota keluarga Widi (26) yang menderita depresi berat itu.

Kepada PRESMEDIA.ID Kisanjaya mengatakan, pihaknya langsung menyambangi rumah kediaman keluarga itu Kampung Nerakak setelah menerima informasi dari media.

“Kami juga berterima kasih pada media, yang sudah menyampaikan informasi ini langsung ke Pelayanan Kesejahteraan Sosial Dinsos Lingga,” sebutnya.

Setelah mendapat berita yang dipublish media kata Kisanjaya, pihaknya langsung menyikapi hal tersebut, dan memantau keluarga penderita depresi berat itu ke làpangan, bersama kepala desa serta perangkatnya, kamtibmas dan para pemuda Jumat sore.

Saat ini lanjut Kisanjaya, Pemerintah kabupaten Lingga melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, telah memasukan data 4 orang keluarga Widi yang mengalami depresi itu untuk mendapatkan bantuan kesehatan dari pemerintah.

“Mereka sudah masuk dalam data kementrian sosial sebagai keluarga pra sejahtera di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS),” ujarnya.

Dengan masuknya keluarga Widi di data DTKS kementerian sosial, selanjutnya pemerintah akan memantau untuk memastikan keluarga itu mendapatkan bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Program Keluarga Harapan (PKH) demikian juga dalam pelayanan kesehatan.

“Mereka akan dapat sembako dan dari PKH, dapat bantuan dana serta pelayanan kesehatan gratis,” ujarnya.

Ki Sanjaya juga menyebutkan, berdasarkan laporan dari Kepala desa, selama ini pihak desa bekerjasama dengan para pemuda di kampung itu, cukup peduli dan membantu keluarga Widi.

“Seperti, saat keluarga tersebut mengambil sembako di salah satu warung. Warga melalui pemuda, turut membantu melunasinya,” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, empat orang dalam satu keluarga di Kampung Nerakak Kabupaten Lingga, mengalami depresi berat. Mereka adalah ayah, ibu serta dua anaknya Pr (43), En (42).

Gejala yang diderita, selain sering berdiam diri dan murung, sebagian anggota keluarga ini juga terlihat “marah-marah” dan bahkan mengerjakan hal-hal lain di luar dari kesadarannya.

Ke empat orang dalam satu keluarga itu merupakan ayah, ibu dan kakak dari Widi (26) yang tinggal satu rumah di Jalan Air Bedegam Kampung Nerakak RT 03/RW 04, Desa Sedamai Kecamatan Singkep Pesisir, Lingga.

Saat awak media ini menyambangi rumah satu keluarga itu Rabu (7/4/2021), tampak tidak terdapat hal aneh atau mencurigakan.

Namun menurut keterangan warga sekitar, dari keempat anggota keluarga di rumah itu, hanya Widi yang kondisinya membaik, setelah para rekan dan tetangganya terus memberikan semangat.

Kepada media ini, Widi mengungkapkan, selain prihatin dan kecewa dengan kondisi keluarganya, kekecewaan juga disampaikan kepada aparatur Pemerintah Kabupaten Lingga, yang menurutnya hingga saat ini tidak ambil peduli atas nasib tragis yang menimpa keluarganya.

“Sampai hari ini aparatur desa di sini tidak ada perhatian. Jangankan membantu, menjenguk keluarga kami pun tidak ada. Kami sekeluarga dianggap mereka seperti orang gila,” ungkap Widi dengan nada kesal.

Penulis:Aulia
Editor :Ogawa

Comments
Loading...