Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Tampung Aspirasi Anak, Forari Gelar Pelatihan Konvensi Hak Anak

*Dikuti peserta dari Forum Anak Daerah Kabupaten/Kota se Kepri.

Sudirman Latif salah seorang Narasumber saat menyampaikan materi bertajuk ‘Konvensi Hak Anak sebagai Dasar dari Proses Pemenuhan Hak Anak’ pada kegiatan Pelatihan Konvensi Hak Anak yang digelar Forari, Sabtu 10 April di Sekretariat Puspaga Kepri, Tanjungpinang. (foto: istimewa/presmedia.id).

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Dalam upaya menampung aspirasi , keinginan dan kebutuhan anak, Forum Anak Kepulauan Riau (Forari), Sabtu (10/4/2021) menggelar Pelatihan Konvensi Hak Anak. Pelatihan yang berlangsung di Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) Gurindam Kepri, Jalan Basuki Rahmat Tanjungpinang itu, diikuti oleh Forum Anak Daerah (FAD) dari 7 Kabupaten/Kota se Kepri.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Provinsi Kepulauan Riau, Misni, SKM , MSi mengatakan tujuan utama kegiatan pembekalan alat kelengkapan forum anak Kepulauan Riau periode 2021-2023 adalah dalam upaya meningkatkan fungsi forum anak.

‘’Fungsi forum anak adalah sebagai wadah partisipasi yang menampung aspirasi, suara, pendapat, keinginan dan kebutuhan anak tentang pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak, dalam proses pembangunan di Provinsi Kepulauan Riau serta meningkatkan peran anak sebagai pelopor dan pelapor,’’ terang Misni.

Selain itu, imbuh Misni, tujuan yang mendasari pada kegiatan ini adalah proses perlindungan terhadap anak belum sepenuhnya berjalan optimal. Hal ini, ditandai dengan masih adanya anak yang mengalami kekerasan dan diskriminasi.

‘’Untuk mengatasi hal tersebut sangat diperlukan wadah untuk anak berpartisipasi dan menyampaikan haknya dalam setiap tahapan pembangunan maka diperlukan pembekalan alat kelengkapan forum anak di Provinsi Kepulauan Riau ini, untuk periode 2021-2023 terkait Konvensi Hak Anak,’’ beber Misni.

Pembekalan Konvensi Hak Anak ini dihadiri oleh sejumlah narasumber. Mereka selama ini bertukus-lumus sebagai pemerhati anak di Kepulauan Riau. Salah satunya, pemerhati anak senior di Kepri. Yakni, Sudirman Latif. Ia menyampaikan materi terkait konvensi hak anak yang merupakan dasar dari proses pemenuhan hak anak.

Narasumber selanjutnya, Eka Bambang, figur ini juga merupakan salah seorang pemerhati anak di Kepri . Khususnya di wilayah Bintan. Eka Bambang dalam kesempatan ini menyampaikan materi terkait organisasi dan kepemimpinan yang merupakan narasumber terakhir. Eka Bambang, juga tercatat sebagai alumni dari Forum Anak. Ia menyampaikan materi seputar peran forum anak sebagai pelopor dan pelapor.

Menanggapi hal ini, Ketua Forum Anak Kepulauan Riau (Forari) Periode 2021-2023 Azwan Rifa’i mengatakan bahwa, semoga dalam pelatihan Konvensi Hak Anak ini bisa menjadi bekal yang sangat berharga.

‘’Khususnya buat kami pengurus baru, karena pelatihan ini merupakan dasar bagi kami dalam melakukan Kegiatan untuk melakukan Pemenuhan Hak Anak di daerah Provinsi Kepri ini,’’ tanggap Azwan.

Dalam pada itu, Ketua Sekretariat Forum Anak Kepri (Safari), Muhammad Aidil yang juga merupakan alumni dari Forum Anak, yang masih aktif mendampingi kegiatan anak menambahkan, bahwa pihaknya dari Sekretariat Forum Anak Kepri akan terus membantu melakukan proses pengembangan Forum Anak di Kepulauan Riau ini. Khususnya pada bidang kelembagaan dalam proses pengadministrasian Forum Anak di tingkat provinsi.

‘’Karena kami merasakan dan menyadari Forum Anak Kepri telah mengalami kemajuan dalam pola pikir yang kritis oleh adik-adik kita, kemudian juga aktif dalam berorganisasi dengan tujuan melakukan kegiatan sosial dalam pemenuhan hak anak di Provinsi Kepri,’’ demikian Muhammad Aidil.

Penulis: Redaksi/Rilis
Editor: Ogawa

Comments
Loading...