Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

SMA dan SMK di Kepri Diperbolehkan Buka Pesantren Ramadhan Secara Tatap Muka

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri Dr H Muhammad Dali. (foto: Dokumentasi/presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Pemerintah melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Kepulauan Riau, memberikan keleluasaan kepada sekolah tingkat SMA/SMK/sederajat untuk mengatur kegiatan pesantren Ramadhan di sekolah. Baik itu dilakukan secara tatap muka, maupun melalui media daring.

“Bagi sekolah yang akan melaksanakan Pesantren Ramadhan diberikan
keleluasaan untuk mengatur jadwal, dan kalau memungkinkan tatap muka atau via daring juga diperbolehkan,” ujar Kepala dinas Pendidikan Provinsi Kepri Muhammad Dali Selasa (13/4/2021).

Kendati demikian, lanjut Dali, pihaknya tetap mengingatkan agar setiap sekolah dapat mempertimbangkan pelaksanaan tatap muka dengan memperhatikan situasi penyebaran COVID-19 saat ini. Terlebih, di beberapa wilayah belakangan ini terjadi kenaikan kasus COVID-19.

“Karena, situasi kan berubah-ubah, Tanjungpinang dan Batam belakangan kasus COVID naik. Sedangkan daerah yang lain masih stabil, jadi tergantung sekolah melihat situasi,” ujarnya.

Ia mengatakan, pelaksanaan pesantren ramadhan di sekolah-sekolah dilaksanakan pada minggu pertama bulan puasa. Pelaksanaannya diserahkan pada sekolah, baik itu secara tatap muka, maupun melalui media daring.

Kemudian, untuk minggu ke-2 Ramadhan disesuaikan dengan agenda sekolah masing-masing.

“Karena kan tiap sekolah berendam, misalnya ada yang ujian kelas dan lainnya,” kata Dali.

Dali menambahkan, hingga kini pihaknya masih mengacu pada Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19 yang diterbitkan pada 30 November 2020 lalu. Dimana, sekolah bisa melakukan pembelajaran tatap muka secara terbatas pada tahun ajaran baru mendatang, yang dimulai Juli 2021 mendatang.

“Kepri tetap mengacu pada SKB empat Menteri, tahun ajaran baru Juli mendatang belajar tatap muka dibuka,” demikian Dali.

Penulis: Ismail
Editor : Redaksi

Comments
Loading...